ATP BISNIS RITEL SMK/MAK

Tingkat: SMK/MAK

Fase: Fase F

Penyusun: Niniek Margianti SMKN 1 Bawang Niniek Margianti SMKN 1 Bawang

Tanggal Dibuat: 12 Sep 2025


Alur Tujuan Pembelajaran

  1. Menerapkan Konsep Marketing

    1. Memahami konsep pemasaran dan bauran pemasaran (marketing mix).
    2. Menganalisis pasar sasaran dan kebutuhan konsumen.
    3. Mengembangkan strategi pemasaran produk ritel.
    4. Menerapkan strategi promosi dan penjualan.
    5. Mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran.
  2. Menerapkan Customer Service

    1. Memahami prinsip-prinsip pelayanan pelanggan yang efektif.
    2. Menerapkan teknik komunikasi efektif dengan pelanggan.
    3. Menangani keluhan dan komplain pelanggan.
    4. Membangun hubungan baik dengan pelanggan.
    5. Menerapkan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan pelanggan.
  3. Menerapkan Komunikasi Bisnis

    1. Memahami teknik komunikasi lisan dan tulisan yang efektif dalam bisnis.
    2. Menerapkan komunikasi efektif dalam tim kerja.
    3. Mengelola komunikasi dengan pemasok dan pelanggan.
    4. ...

      Silahkan login untuk membaca ATP BISNIS RITEL SMK/MAK selengkapnya

      Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id

Elemen Terkait

Elemen Deskripsi Capaian Pembelajaran
Visual Merchandising Meliputi rencana visual merchandising, implementasi visual merchandising, dan evaluasi visual merchandising.

Silahkan login untuk melihat semua elemen ATP BISNIS RITEL SMK/MAK terkait

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat