KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL

Tingkat: SMK/MAK

Fase: Fase E

Penyusun: Subardin, S.Kom. Subardin, S.Kom.

Tanggal Dibuat: 20 Aug 2025


Alur Tujuan Pembelajaran

  1. Berpikir Komputasional

    1. Mengenal konsep dasar berpikir komputasional (dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan evaluasi).
    2. Menerapkan berpikir komputasional dalam memecahkan masalah sederhana.
    3. Menganalisis dan mendesain algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
    4. Menerapkan algoritma dalam menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.
    5. Mengevaluasi dan memperbaiki algoritma yang telah dibuat.
  2. Literasi Digital

    1. Memahami konsep keamanan digital dan etika dalam penggunaan internet.
    2. Mengenali berbagai jenis ancaman digital dan cara pencegahannya.
    3. Menerapkan etika dalam berkomunikasi di dunia digital.
    4. Menilai kredibilitas informasi di internet.
    5. Memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas.
  3. Algoritma dan Pemrograman

    1. Mempelajari sintaks dan struktur dasar...

      Silahkan login untuk membaca selengkapnya

      Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id

Elemen Terkait

Elemen Deskripsi Capaian Pembelajaran
Berpikir Komputasional Kerangka berpikir sistematis yang menggabungkan dekomposisi, abstraksi, identifikasi pola, dan perancangan algoritma untuk merumuskan solusi permasalahan kompleks yang dapat dijalankan oleh manusia atau mesin. Berpikir komputasional dilakukan dengan mengintegrasikan logika, kreativitas berdasarkan data, dan analisis sebagai tindakan komputasional untuk memecahkan permasalahan lintas bidang secara efektif baik mandiri maupun kolaboratif.

Silahkan login untuk melihat semua elemen terkait

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id