ATP PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI
Tingkat: SD/MI
Fase: Fase C
Penyusun:
Rafida Rafida
Tanggal Dibuat: 30 Sep 2025
Alur Tujuan Pembelajaran
Fase: Fase C
Mata Pelajaran: PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
Tahun Pelajaran: 2025/2026
Jumlah JP: 144
Nama Guru: Rafida Rafida
Nama Sekolah: SD NEGERI 2 LAMPOIH SAKA
Kabupaten Kota: Pidie
Provinsi: Aceh
Rasional: Keberadaan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam kurikulum pendidikan menegaskan posisinya sebagai pembelajaran bagi murid. Semua anak tanpa terkecuali akan menempuh perjalanan pembelajaran yang dipandu secara pedagogis untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman serta sikap terhadap gerak dan kesehatan (Lawson, 2018). Dengan kata lain, PJOK adalah suatu mata pelajaran yang bertujuan untuk memfasilitasi anak dalam menemukan nikmatnya aktif bergerak dan menjadi sehat. Di sinilah esensi pembelajaran...
Silahkan login untuk membaca ATP PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI selengkapnya
Login
Diagram Alur Tujuan Pembelajaran
Silahkan login untuk melihat diagram ATP PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI
Elemen Terkait
Elemen | Deskripsi | Capaian Pembelajaran |
---|---|---|
Terampil Bergerak | Elemen ini merujuk pada pembelajaran yang membantu mengembangkan kompetensi keterampilan gerak (fundamental dan spesifik) yang esensial untuk dapat terlibat dalam aktivitas jasmani dan gaya hidup sehat. Murid juga menerapkan konsep dan strategi gerak untuk meningkatkan penampilan dan kompetensi gerak serta kepercayaan diri. Konten dan aktivitas pembelajaran ini beragam jenis sesuai dengan minat murid, kebutuhan dan konteks di mana mereka tinggal. Beberapa contohnya termasuk permainan tradisional, olahraga individu maupun tim, bela diri, permainan kooperatif, latihan kebugaran, aktivitas luar ruang dan kepetualangan. Terampil bergerak bertujuan untuk membangun fondasi dasar keterampilan motorik dan literasi jasmani, memperoleh dan menghaluskan berbagai keterampilan aktivitas jasmani, dan pada akhirnya menjadi mumpuni dalam aktivitas jasmani yang menjadi minat dan kegemaran masing-masing. Pengalaman pembelajaran dalam elemen ini harus memaksimalkan waktu belajar untuk menerapkan dan mempraktikkan gerak. |
Silahkan login untuk melihat semua elemen ATP PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI terkait
Login