Profil Guru

Aswa Amanda putri

Aswa Amanda putri


,
Loyalty Badge

Guru Pertama


Artikel Inspiratif

Socrates: Metode mayeutik yang masih relevan hingga kini.

Socrates: Metode Mayeutik yang Masih Relevan hingga Kini Dalam sejarah filsafat Barat, nama Socrates sering disebut sebagai salah satu pilar utama yang membentuk cara kita berpikir, mempertanyakan, dan mencari kebenaran. Bukan karena ia menulis banyak karya (ia justru tidak meninggalkan tulisan sama sekali), melainkan karena metode pengajarannya yang revolusioner: metode...

Baca Selengkapnya
Filosofi “Memento Mori” Romawi: Mengingat Kematian untuk Hidup Lebih Bermakna

Filosofi “Memento Mori” Romawi: Mengingat Kematian untuk Hidup Lebih Bermakna“Memento Mori” adalah sebuah frasa Latin yang berarti “ingatlah bahwa kamu akan mati.” Jauh dari sekadar pengingat yang suram akan akhir yang tak terhindarkan, filosofi ini telah bergema kuat sepanjang sejarah, terutama di peradaban Romawi kuno, sebagai pendorong utama untuk menjalani...

Baca Selengkapnya
Rabindranath Tagore: Pendidikan alam dan seni di Santiniketan, India.

Rabindranath Tagore: Pendidikan Alam dan Seni di Santiniketan, India Rabindranath Tagore (1861-1941), seorang penyair, filsuf, musisi, dramawan, dan seniman agung dari Bengal, India, tidak hanya dikenal karena warisan sastranya yang memukau – menjadikannya orang Asia pertama yang dianugerahi Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1913 – tetapi juga karena visinya yang...

Baca Selengkapnya
Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom: Dari Teori ke Praktik di Kelas

Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom: Dari Teori ke Praktik di Kelas Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang, tuntutan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih relevan, interaktif, dan berpusat pada siswa semakin mengemuka. Salah satu inovasi pedagogis yang berhasil menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran Flipped Classroom atau Kelas Terbalik. Model...

Baca Selengkapnya
Mengapa Siswa Lebih Ingat Ketika Mereka Mengajarkan Kembali kepada Temannya? untuk Pembelajaran Mendalam

Mengapa Siswa Lebih Ingat Ketika Mereka Mengajarkan Kembali kepada Temannya? untuk Pembelajaran Mendalam Pernahkah Anda mengamati bagaimana seorang siswa yang kesulitan memahami suatu konsep tiba-tiba ‘klik’ setelah mencoba menjelaskannya kepada temannya? Fenomena ini bukan kebetulan semata. Ada dasar ilmiah dan pedagogis yang kuat di balik mengapa tindakan mengajar kembali materi...

Baca Selengkapnya