Profil Guru
Ayu Wulandari
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Hindari camilan manis – ganti dengan buah atau kacang.
Dalam gaya hidup serba cepat saat ini, camilan menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian banyak orang. Sayangnya, pilihan camilan sering kali jatuh pada makanan manis yang tinggi gula dan minim nutrisi. Padahal, keputusan sederhana untuk mengganti camilan manis dengan buah atau kacang dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi...
Baca SelengkapnyaCerita Bergilir (Story Chain) – Setiap siswa menambahkan satu kalimat dalam cerita.
Cerita Bergilir (Story Chain) – Setiap Siswa Menambahkan Satu Kalimat dalam Cerita Dalam dunia pendidikan, mencari metode yang inovatif dan menarik untuk mengembangkan keterampilan siswa adalah sebuah keharusan. Salah satu metode yang terbukti efektif, sederhana, namun kaya manfaat adalah "Cerita Bergilir" atau yang dikenal juga dengan "Story Chain". Metode ini...
Baca SelengkapnyaPendidikan Finlandia vs Amerika Serikat: Perbandingan Filosofi dan Hasil
Pendidikan Finlandia vs Amerika Serikat: Perbandingan Filosofi dan Hasil Ketika berbicara tentang sistem pendidikan, dua negara seringkali muncul sebagai antitesis yang menarik: Finlandia dan Amerika Serikat. Keduanya menawarkan pendekatan yang sangat berbeda dalam mendidik generasi mudanya, yang masing-masing mencerminkan nilai-nilai budaya dan filosofi yang mendalam. Bagi para pelancong yang tertarik...
Baca SelengkapnyaAnak Perlu Belajar Teknologi sejak Dini: Kunci Masa Depan Digital
Anak Perlu Belajar Teknologi sejak Dini: Kunci Masa Depan Digital Di era digital yang bergerak sangat cepat ini, teknologi bukan lagi sekadar alat bantu, melainkan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap aspek kehidupan. Dari pendidikan, pekerjaan, hingga interaksi sosial, semuanya kini terhubung dalam jaringan digital. Oleh karena itu, membekali...
Baca SelengkapnyaPembelajaran Mendalam dalam Pembelajaran IPA: Dari Eksperimen ke Penalaran Ilmiah
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah fondasi krusial bagi pemahaman dunia di sekitar kita. Namun, seringkali pembelajaran IPA di kelas hanya berkutat pada hafalan fakta atau serangkaian eksperimen 'ikut-buku' tanpa pemahaman mendalam. Tantangan sebenarnya adalah bagaimana membawa siswa dari sekadar melakukan eksperimen ke tingkat penalaran ilmiah yang lebih tinggi. Di...
Baca Selengkapnya