Profil Guru

DADAN AHMAD HIDAYAT

DADAN AHMAD HIDAYAT


,
Loyalty Badge

Guru Pertama


Artikel Inspiratif

Membangun Komunitas Belajar di Kelas: Mendorong Kolaborasi dan Refleksi Bersama untuk Pembelajaran Mendalam

Membangun Komunitas Belajar di Kelas: Mendorong Kolaborasi dan Refleksi Bersama untuk Pembelajaran Mendalam Dalam dunia pendidikan modern, paradigma belajar telah bergeser dari model yang berpusat pada guru menjadi model yang lebih berpusat pada siswa. Salah satu pendekatan yang semakin diakui efektivitasnya adalah pembangunan komunitas belajar di kelas. Lebih dari sekadar...

Baca Selengkapnya
Membuat Rubrik Penilaian untuk Pembelajaran Mendalam: Panduan Praktis bagi Guru

Membuat Rubrik Penilaian untuk Pembelajaran Mendalam: Panduan Praktis bagi Guru Dalam lanskap pendidikan modern, tujuan kita tidak hanya sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga membimbing siswa menuju pemahaman yang mendalam, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan menerapkan pengetahuan dalam berbagai konteks. Pembelajaran mendalam (deep learning) adalah kunci untuk mencapai tujuan ini. Namun,...

Baca Selengkapnya
Makan tanpa distraksi (no HP no TV).

Makan Tanpa Distraksi (No HP, No TV) Makan Tanpa Distraksi (No HP, No TV) Di era digital yang serba cepat ini, kita seringkali makan sambil melakukan hal lain, seperti menonton TV, bermain smartphone, atau bekerja. Namun, kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita. Makan tanpa distraksi,...

Baca Selengkapnya
Soal Tryout Tes Kemampuan Akademik Projek Kreatif Kewirausahaan untuk Smk

Soal Tryout Tes Kemampuan Akademik Projek Kreatif Kewirausahaan untuk SMK Dunia pendidikan kejuruan terus berinovasi untuk mempersiapkan siswa-siswi menghadapi tantangan industri dan menciptakan peluang baru. Salah satu program unggulan yang kini menjadi fokus adalah Projek Kreatif Kewirausahaan (PKK). Untuk mengukur kesiapan dan pemahaman siswa SMK sesuai dengan Matrik Kerangka Asesmen...

Baca Selengkapnya
Mengapa Guru Harus Mengizinkan Siswa Mengajukan Pertanyaan Aneh untuk Pembelajaran Mendalam

Mengapa Guru Harus Mengizinkan Siswa Mengajukan Pertanyaan Aneh untuk Pembelajaran Mendalam Ruang kelas ideal bukanlah tempat yang steril dan sunyi, melainkan tempat di mana keingintahuan dihargai dan pertanyaan, betapapun 'aneh'-nya, disambut dengan antusias. Seringkali, pertanyaan yang tampak tidak relevan atau bahkan konyol justru menjadi pintu gerbang menuju pemahaman yang lebih...

Baca Selengkapnya