Profil Guru
Fransiskus Galnomoris
SMP NEGERI 4 KOTA KOMBAManggarai Timur, Nusa Tenggara Timur
Guru Pertama Tingkat I
Artikel Inspiratif
Strategi Mengajar dengan Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas Besar
Strategi Mengajar dengan Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas Besar Mengajar di kelas besar seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik. Dengan jumlah siswa yang banyak, menjaga keterlibatan, memastikan pemahaman merata, dan memfasilitasi interaksi yang efektif bisa terasa sulit. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kelas besar justru bisa menjadi ajang...
Baca SelengkapnyaFilosofi “Wu Wei” Taoisme: Bekerja Tanpa Memaksakan Diri
Filosofi “Wu Wei” Taoisme: Bekerja Tanpa Memaksakan Diri Dalam peradaban Tiongkok, Taoisme telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemikiran filsafat dan cara hidup. Salah satu konsep kunci dalam Taoisme yang hingga kini masih relevan adalah “Wu Wei” (無為), yang seringkali diterjemahkan sebagai “tidak bertindak” atau “tanpa usaha”. Namun, terjemahan ini...
Baca SelengkapnyaInovasi Mengubah Sampah Plastik Menjadi Alat Peraga Pembelajaran Sederhana
Inovasi Mengubah Sampah Plastik Menjadi Alat Peraga Pembelajaran Sederhana Setiap tahun, miliaran ton sampah plastik memenuhi lautan dan daratan kita, menimbulkan krisis lingkungan yang mendesak. Tantangan ini tidak hanya mengancam ekosistem, tetapi juga memicu urgensi untuk menemukan solusi inovatif yang dapat mengintegrasikan keberlanjutan dengan kebutuhan sehari-hari. Di tengah krisis ini,...
Baca SelengkapnyaTransformasi Diri: Dari Guru Biasa Menjadi Guru Hebat
Transformasi Diri: Dari Guru Biasa Menjadi Guru Hebat Setiap guru memegang peran krusial dalam membentuk masa depan generasi. Namun, dalam ruang kelas yang dinamis dan penuh tantangan, menjadi sekadar "guru biasa" mungkin tidak lagi cukup. Era digital dan tuntutan zaman menuntut para pendidik untuk bertransformasi, dari sekadar penyampai materi menjadi...
Baca SelengkapnyaPembelajaran dengan Puzzle Kertas – Potong informasi menjadi potongan susun kembali.
Pembelajaran dengan Puzzle Kertas – Potong informasi menjadi potongan, susun kembaliPembelajaran dengan Puzzle Kertas – Potong informasi menjadi potongan, susun kembaliPuzzle kertas bukanlah sekadar permainan anak-anak. Metode pembelajaran yang memanfaatkan potongan-potongan kertas bergambar atau bertulis ini menawarkan pendekatan unik dan efektif untuk berbagai tingkatan usia dan mata pelajaran. Dengan memotong...
Baca Selengkapnya