Profil Guru
Goreti Endang Kriswati
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Model Pembelajaran Berbasis Portofolio: Cara Menilai Proses dan Hasil Belajar Siswa
Model Pembelajaran Berbasis Portofolio: Cara Menilai Proses dan Hasil Belajar Siswa Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, fokus tidak lagi hanya pada hasil akhir semata, melainkan juga pada proses yang dilalui siswa dalam mencapai hasil tersebut. Salah satu model pembelajaran yang efektif untuk mengakomodasi pendekatan ini adalah Model Pembelajaran Berbasis...
Baca SelengkapnyaBagaimana bakteri bisa berkomunikasi satu sama lain?
Bagaimana Bakteri Bisa Berkomunikasi Satu Sama Lain?Bagaimana Bakteri Bisa Berkomunikasi Satu Sama Lain?Bakteri, organisme bersel tunggal yang sering dianggap sederhana, sebenarnya memiliki cara berkomunikasi yang kompleks dan menakjubkan. Meskipun tidak memiliki sistem saraf seperti manusia atau hewan, mereka mampu mendeteksi lingkungan sekitar dan bereaksi terhadapnya, bahkan berkolaborasi dengan bakteri lain...
Baca SelengkapnyaRabindranath Tagore: Pendidikan alam dan seni di Santiniketan, India.
Rabindranath Tagore: Pendidikan Alam dan Seni di Santiniketan, India Rabindranath Tagore (1861-1941), seorang penyair, filsuf, musisi, dramawan, dan seniman agung dari Bengal, India, tidak hanya dikenal karena warisan sastranya yang memukau – menjadikannya orang Asia pertama yang dianugerahi Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1913 – tetapi juga karena visinya yang...
Baca SelengkapnyaModel Pembelajaran Service Learning: Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Kegiatan Sosial
Model Pembelajaran Service Learning: Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Kegiatan Sosial Service learning merupakan model pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada aksi. Model ini mengintegrasikan kegiatan pelayanan sosial (service) dengan proses pembelajaran akademik (learning) secara terstruktur dan reflektif. Dengan kata lain, siswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga menerapkan pengetahuan dan...
Baca SelengkapnyaMengapa Siswa Lebih Ingat Ketika Mereka Mengajarkan Kembali kepada Temannya? untuk Pembelajaran Mendalam
Mengapa Siswa Lebih Ingat Ketika Mereka Mengajarkan Kembali kepada Temannya? untuk Pembelajaran Mendalam Pernahkah Anda mengamati bagaimana seorang siswa yang kesulitan memahami suatu konsep tiba-tiba ‘klik’ setelah mencoba menjelaskannya kepada temannya? Fenomena ini bukan kebetulan semata. Ada dasar ilmiah dan pedagogis yang kuat di balik mengapa tindakan mengajar kembali materi...
Baca Selengkapnya