Profil Guru
Hayatun Nufus Ijudin
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Friedrich Fröbel: Penemu taman kanak-kanak (kindergarten).
Friedrich Fröbel: Penemu taman kanak-kanak (kindergarten) Friedrich Fröbel, seorang pendidik visioner dari Jerman, adalah tokoh yang mengubah lanskap pendidikan anak usia dini secara fundamental. Di tengah pendekatan tradisional yang kaku, Fröbel memperkenalkan sebuah konsep revolusioner: taman kanak-kanak, atau yang lebih dikenal dengan istilah Jerman "kindergarten." Ide briliannya bahwa anak-anak adalah...
Baca SelengkapnyaSeni Kolase dari Bahan Daur Ulang – Buat karya dari kertas daun atau kain.
Seni Kolase dari Bahan Daur Ulang – Buat Karya dari Kertas, Daun, atau Kain Seni adalah salah satu bentuk ekspresi manusia yang tak terbatas. Dari pahatan monumental hingga lukisan abstrak, setiap karya seni menyimpan cerita dan makna. Di antara beragam jenis seni, kolase menonjol sebagai medium yang unik, menggabungkan berbagai...
Baca SelengkapnyaNadezhda Krupskaya: Guru revolusioner dan istri Lenin yang memajukan pendidikan rakyat.
Nadezhda Krupskaya: Guru Revolusioner dan Istri Lenin yang Memajukan Pendidikan Rakyat Di balik bayang-bayang seorang pemimpin revolusioner sekaliber Vladimir Lenin, berdiri seorang wanita tangguh dengan pemikiran tajam dan komitmen tak tergoyahkan terhadap pendidikan rakyat: Nadezhda Konstantinovna Krupskaya. Lebih dari sekadar istri dan rekan seperjuangan, Krupskaya adalah seorang pendidik ulung, teoritikus...
Baca SelengkapnyaCara Apply Beasiswa VLIR-UOS Belgia: Pilih Program yang Relevan dengan Pembangunan Indonesia
Cara Apply Beasiswa VLIR-UOS Belgia: Pilih Program yang Relevan dengan Pembangunan Indonesia Cara Apply Beasiswa VLIR-UOS Belgia: Pilih Program yang Relevan dengan Pembangunan Indonesia Beasiswa VLIR-UOS (Vlaamse Interuniversitaire Raad – University Development Cooperation) Belgia menawarkan kesempatan emas bagi warga negara Indonesia untuk melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas terkemuka di Belgia....
Baca SelengkapnyaMenggunakan Metode 5 Whys untuk Membantu Siswa Menemukan Akar Masalah untuk Pembelajaran Mendalam
Menggunakan Metode 5 Whys untuk Membantu Siswa Menemukan Akar Masalah untuk Pembelajaran Mendalam Dalam perjalanan pembelajaran, siswa seringkali dihadapkan pada berbagai kesulitan: nilai yang kurang memuaskan, kesulitan memahami konsep tertentu, atau bahkan demotivasi. Namun, seringkali mereka hanya melihat gejala permukaan tanpa mampu mengidentifikasi akar masalah yang sebenarnya. Di sinilah metode...
Baca Selengkapnya