Profil Guru

Lucky Satrya Wiratama

Lucky Satrya Wiratama


,
Loyalty Badge

Guru Pertama


Artikel Inspiratif

Cara Mudah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa SD

Cara Mudah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa SD Dunia pendidikan terus berinovasi untuk menciptakan metode belajar yang lebih efektif, menarik, dan relevan dengan tantangan masa depan. Salah satu model pembelajaran yang semakin populer dan terbukti efektif adalah Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Meskipun seringkali...

Baca Selengkapnya
Cloud Gate (The Bean) di Chicago: Refleksi Kota dan Diri dalam Bentuk Logam

Cloud Gate (The Bean) di Chicago: Refleksi Kota dan Diri dalam Bentuk Logam Cloud Gate, lebih dikenal sebagai "The Bean," merupakan ikon modern Chicago yang memikat jutaan pengunjung setiap tahunnya. Bukan sekadar patung, karya seni publik karya Anish Kapoor ini adalah sebuah refleksi—refleksi kota yang menjulang di sekitarnya dan refleksi...

Baca Selengkapnya
Penggunaan Storytelling dalam Pembelajaran Mendalam: Cara Membuat Konten Lebih Bermakna

Penggunaan Storytelling dalam Pembelajaran Mendalam: Cara Membuat Konten Lebih Bermakna Dalam dunia pendidikan yang semakin kompetitif, penting bagi pendidik untuk menemukan cara inovatif agar materi pembelajaran dapat terserap dengan baik oleh siswa. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif adalah penggunaan storytelling atau bercerita. Storytelling bukan sekadar bercerita biasa, melainkan sebuah...

Baca Selengkapnya
We the People oleh Hank Willis Thomas: Menafsir Ulang Konstitusi AS dengan Wajah yang Terpinggirkan

We the People oleh Hank Willis Thomas: Menafsir Ulang Konstitusi AS dengan Wajah yang TerpinggirkanWe the People oleh Hank Willis Thomas: Menafsir Ulang Konstitusi AS dengan Wajah yang TerpinggirkanHank Willis Thomas, seorang seniman kontemporer terkemuka, menantang persepsi kita tentang demokrasi Amerika melalui karyanya yang provokatif, We the People. Seri karya...

Baca Selengkapnya
Mengapa Siswa Lebih Ingat Ketika Mereka Mengajarkan Kembali kepada Temannya? untuk Pembelajaran Mendalam

Mengapa Siswa Lebih Ingat Ketika Mereka Mengajarkan Kembali kepada Temannya? untuk Pembelajaran Mendalam Pernahkah Anda mengamati bagaimana seorang siswa yang kesulitan memahami suatu konsep tiba-tiba ‘klik’ setelah mencoba menjelaskannya kepada temannya? Fenomena ini bukan kebetulan semata. Ada dasar ilmiah dan pedagogis yang kuat di balik mengapa tindakan mengajar kembali materi...

Baca Selengkapnya