Profil Guru
MUHAMMAD NOER ARIFIN
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Ai Merubah Gaya Hidup dan Peradaban
AI Merubah Gaya Hidup dan Peradaban Di setiap sudut kehidupan modern, dari ponsel di genggaman hingga sistem yang mengatur kota, sebuah kekuatan tak terlihat namun transformatif sedang bekerja: Kecerdasan Buatan (AI). Bukan lagi sekadar fiksi ilmiah, AI kini adalah bagian integral dari realitas kita, mengubah cara kita bekerja, belajar, berinteraksi,...
Baca SelengkapnyaLev Vygotsky: Teori zona perkembangan proksimal dalam pembelajaran sosial.
Lev Vygotsky: Teori Zona Perkembangan Proksimal dalam Pembelajaran Sosial Pada awal abad ke-20, di tengah gejolak revolusi intelektual dan sosial di Rusia, seorang psikolog muda bernama Lev Semyonovich Vygotsky (1896-1934) muncul dengan gagasan-gagasan revolusioner yang akan mengubah lanskap psikologi perkembangan dan pedagogi. Meskipun hidupnya singkat, kontribusinya yang paling monumental, yaitu...
Baca SelengkapnyaSistem Pendidikan Arab Saudi: Transformasi dari Konservatif ke Modern
Sistem Pendidikan Arab Saudi: Transformasi dari Konservatif ke ModernArab Saudi, sebuah negara yang identik dengan sejarah Islam dan warisan konservatifnya, sedang berada di tengah-tengah transformasi yang luar biasa. Salah satu pilar utama dari perubahan ini adalah evolusi sistem pendidikannya. Dari akar yang sangat tradisional dan berpusat pada agama, Arab Saudi...
Baca SelengkapnyaFriedrich Fröbel: Penemu taman kanak-kanak (kindergarten).
Friedrich Fröbel: Penemu taman kanak-kanak (kindergarten) Friedrich Fröbel, seorang pendidik visioner dari Jerman, adalah tokoh yang mengubah lanskap pendidikan anak usia dini secara fundamental. Di tengah pendekatan tradisional yang kaku, Fröbel memperkenalkan sebuah konsep revolusioner: taman kanak-kanak, atau yang lebih dikenal dengan istilah Jerman "kindergarten." Ide briliannya bahwa anak-anak adalah...
Baca SelengkapnyaMenggunakan Metode 5 Whys untuk Membantu Siswa Menemukan Akar Masalah untuk Pembelajaran Mendalam
Menggunakan Metode 5 Whys untuk Membantu Siswa Menemukan Akar Masalah untuk Pembelajaran Mendalam Dalam perjalanan pembelajaran, siswa seringkali dihadapkan pada berbagai kesulitan: nilai yang kurang memuaskan, kesulitan memahami konsep tertentu, atau bahkan demotivasi. Namun, seringkali mereka hanya melihat gejala permukaan tanpa mampu mengidentifikasi akar masalah yang sebenarnya. Di sinilah metode...
Baca Selengkapnya