Profil Guru
Nurul Hidayati Nisfiyani
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Bisa tidaknya manusia hidup selamanya dengan bantuan mesin?
Bisa Tidaknya Manusia Hidup Selamanya dengan Bantuan Mesin? Impian untuk hidup abadi telah lama menghantui umat manusia. Seiring kemajuan teknologi, khususnya di bidang kedokteran dan bioteknologi, pertanyaan tentang kemungkinan hidup selamanya dengan bantuan mesin semakin relevan. Jawabannya, sayangnya, kompleks dan belum pasti, namun kita dapat mengeksplorasi berbagai aspeknya. Pendekatan Bioteknologi...
Baca SelengkapnyaMembuat Rubrik Penilaian untuk Pembelajaran Mendalam: Panduan Praktis bagi Guru
Membuat Rubrik Penilaian untuk Pembelajaran Mendalam: Panduan Praktis bagi Guru Dalam lanskap pendidikan modern, tujuan kita tidak hanya sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga membimbing siswa menuju pemahaman yang mendalam, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan menerapkan pengetahuan dalam berbagai konteks. Pembelajaran mendalam (deep learning) adalah kunci untuk mencapai tujuan ini. Namun,...
Baca SelengkapnyaStrategi Mengajar dengan Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas Besar
Strategi Mengajar dengan Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas Besar Mengajar di kelas besar seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik. Dengan jumlah siswa yang banyak, menjaga keterlibatan, memastikan pemahaman merata, dan memfasilitasi interaksi yang efektif bisa terasa sulit. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kelas besar justru bisa menjadi ajang...
Baca SelengkapnyaApakah di Luar Angkasa Ada Kehidupan?
Apakah di Luar Angkasa Ada Kehidupan? Pertanyaan tentang apakah kita sendirian di alam semesta telah menghantui umat manusia selama berabad-abad. Dari spekulasi filosofis hingga pencarian ilmiah modern, gagasan tentang kehidupan di luar Bumi tetap menjadi salah satu misteri terbesar dan paling menarik. Meskipun belum ada bukti definitif, perkembangan terbaru dalam...
Baca SelengkapnyaPantomim Konsep IPA – Tebak proses alam dari gerakan siswa.
Pantomim Konsep IPA – Tebak Proses Alam dari Gerakan Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seringkali diidentikkan dengan hafalan rumus, teori, atau eksperimen di laboratorium. Namun, bagaimana jika kita bisa menghidupkan konsep-konsep abstrak IPA menjadi pengalaman yang lebih konkret, interaktif, dan tak terlupakan bagi siswa? Ide 'Pantomim Konsep IPA' hadir...
Baca Selengkapnya