Profil Guru

Rapita

Rapita

SMKN 4 PONTIANAK
Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Loyalty Badge

Guru Pertama


Artikel Inspiratif

Belajar Menghargai Keberagaman dari Toleransi Beragama di Kerajaan Gupta India

Belajar Menghargai Keberagaman dari Toleransi Beragama di Kerajaan Gupta India Kerajaan Gupta, yang memerintah sebagian besar anak benua India dari abad ke-4 hingga ke-6 Masehi, sering disebut sebagai "Zaman Keemasan India". Periode ini tidak hanya menyaksikan kemajuan luar biasa dalam sains, matematika, seni, dan sastra, tetapi juga menunjukkan model toleransi...

Baca Selengkapnya
Membuat Rubrik Penilaian untuk Pembelajaran Mendalam: Panduan Praktis bagi Guru

Membuat Rubrik Penilaian untuk Pembelajaran Mendalam: Panduan Praktis bagi Guru Dalam lanskap pendidikan modern, tujuan kita tidak hanya sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga membimbing siswa menuju pemahaman yang mendalam, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan menerapkan pengetahuan dalam berbagai konteks. Pembelajaran mendalam (deep learning) adalah kunci untuk mencapai tujuan ini. Namun,...

Baca Selengkapnya
Socrates: Metode mayeutik yang masih relevan hingga kini.

Socrates: Metode Mayeutik yang Masih Relevan hingga Kini Dalam sejarah filsafat Barat, nama Socrates sering disebut sebagai salah satu pilar utama yang membentuk cara kita berpikir, mempertanyakan, dan mencari kebenaran. Bukan karena ia menulis banyak karya (ia justru tidak meninggalkan tulisan sama sekali), melainkan karena metode pengajarannya yang revolusioner: metode...

Baca Selengkapnya
Indonesia Siap Menuju Pendidikan Maju

Indonesia Siap Menuju Pendidikan Maju Indonesia, dengan populasi muda yang besar dan potensi sumber daya manusia yang melimpah, kini berada di ambang transformasi besar di sektor pendidikan. Komitmen pemerintah, didukung oleh inovasi teknologi dan kesadaran kolektif akan pentingnya pendidikan berkualitas, menempatkan Indonesia pada jalur yang tepat untuk menuju pendidikan yang...

Baca Selengkapnya
Menggunakan Metode 5 Whys untuk Membantu Siswa Menemukan Akar Masalah untuk Pembelajaran Mendalam

Menggunakan Metode 5 Whys untuk Membantu Siswa Menemukan Akar Masalah untuk Pembelajaran Mendalam Dalam perjalanan pembelajaran, siswa seringkali dihadapkan pada berbagai kesulitan: nilai yang kurang memuaskan, kesulitan memahami konsep tertentu, atau bahkan demotivasi. Namun, seringkali mereka hanya melihat gejala permukaan tanpa mampu mengidentifikasi akar masalah yang sebenarnya. Di sinilah metode...

Baca Selengkapnya