Profil Guru

Sabila Faza Riyanti

Sabila Faza Riyanti

SMKN 14 JAKARTA
Kota Jakarta Pusat, D.k.i. Jakarta
Loyalty Badge

Guru Pertama Tingkat I


Artikel Inspiratif

Bagaimana Guru Bisa Menjadi Fasilitator Bukan Penyampai Informasi dalam Pembelajaran Mendalam

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang, tuntutan terhadap peran guru juga mengalami pergeseran signifikan. Jika di masa lalu guru seringkali dipandang sebagai satu-satunya sumber pengetahuan—penyampai informasi yang tak terbantahkan—kini paradigma tersebut mulai usang. Untuk mencapai pembelajaran mendalam yang relevan dengan tantangan abad ke-21, guru harus bertransformasi menjadi seorang fasilitator. Apa...

Baca Selengkapnya
Pantomim Konsep IPA – Tebak proses alam dari gerakan siswa.

Pantomim Konsep IPA – Tebak Proses Alam dari Gerakan Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seringkali diidentikkan dengan hafalan rumus, teori, atau eksperimen di laboratorium. Namun, bagaimana jika kita bisa menghidupkan konsep-konsep abstrak IPA menjadi pengalaman yang lebih konkret, interaktif, dan tak terlupakan bagi siswa? Ide 'Pantomim Konsep IPA' hadir...

Baca Selengkapnya
Dr. Linda Darling-Hammond: Guru dan kebijakan pendidikan berkualitas.

Dr. Linda Darling-Hammond: Guru dan Arsitek Kebijakan Pendidikan BerkualitasDalam lanskap pendidikan global, beberapa nama menonjol sebagai pencerah sekaligus arsitek yang membentuk sistem pendidikan masa depan. Dr. Linda Darling-Hammond adalah salah satu figur sentral tersebut. Dikenal sebagai seorang "guru" dalam arti luas—baik sebagai pengajar, pembimbing, maupun teladan—serta seorang pembuat kebijakan yang...

Baca Selengkapnya
Waktu bisa melambat — tapi bagaimana jika kita bisa menghentikannya?

Konsep waktu seringkali terasa mutlak dan tak terelakkan. Detik demi detik berlalu dengan irama yang konsisten, menggerakkan kita maju dari masa lalu ke masa depan. Namun, fisika modern telah mengajarkan kita bahwa pemahaman intuitif kita tentang waktu hanyalah sebagian kecil dari gambaran yang lebih besar dan jauh lebih aneh. Salah...

Baca Selengkapnya
Model Pembelajaran Service Learning: Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Kegiatan Sosial

Model Pembelajaran Service Learning: Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Kegiatan Sosial Service learning merupakan model pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada aksi. Model ini mengintegrasikan kegiatan pelayanan sosial (service) dengan proses pembelajaran akademik (learning) secara terstruktur dan reflektif. Dengan kata lain, siswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga menerapkan pengetahuan dan...

Baca Selengkapnya