Profil Guru

Stientje Manampiring
,

Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Lev Vygotsky: Teori zona perkembangan proksimal dalam pembelajaran sosial.
Lev Vygotsky: Teori Zona Perkembangan Proksimal dalam Pembelajaran Sosial Pada awal abad ke-20, di tengah gejolak revolusi intelektual dan sosial di Rusia, seorang psikolog muda bernama Lev Semyonovich Vygotsky (1896-1934) muncul dengan gagasan-gagasan revolusioner yang akan mengubah lanskap psikologi perkembangan dan pedagogi. Meskipun hidupnya singkat, kontribusinya yang paling monumental, yaitu...
Baca SelengkapnyaSistem Pendidikan Thailand: Budaya Hormat dan Tantangan Mutu Pendidikan
Sistem Pendidikan Thailand: Budaya Hormat dan Tantangan Mutu PendidikanSistem Pendidikan Thailand: Budaya Hormat dan Tantangan Mutu PendidikanThailand, negeri senyum, terkenal dengan budayanya yang kaya dan ramah. Namun, di balik senyum itu tersimpan kompleksitas sistem pendidikannya, yang diwarnai oleh tradisi hormat yang mendalam dan tantangan dalam mencapai mutu pendidikan yang setara...
Baca SelengkapnyaFilosofi “The Golden Mean” Aristoteles: Menemukan Keseimbangan dalam Segala Hal
Filosofi “The Golden Mean” Aristoteles: Menemukan Keseimbangan dalam Segala Hal Dalam riwayat pemikiran Barat, beberapa filosof memiliki pengaruh yang begitu mendalam sehingga gagasannya tetap relevan ribuan tahun kemudian. Salah satunya adalah Aristoteles, sang polimatik Yunani kuno yang karya-karyanya meliputi etika, logika, metafisika, biologi, politik, dan banyak lagi. Di antara warisan...
Baca SelengkapnyaCara Mudah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa SD
Cara Mudah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa SD Dunia pendidikan terus berinovasi untuk menciptakan metode belajar yang lebih efektif, menarik, dan relevan dengan tantangan masa depan. Salah satu model pembelajaran yang semakin populer dan terbukti efektif adalah Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Meskipun seringkali...
Baca SelengkapnyaStrategi Membimbing Siswa dalam Membuat Hipotesis dan Menguji Kebenarannya untuk Pembelajaran Mendalam
Strategi Membimbing Siswa dalam Membuat Hipotesis dan Menguji Kebenarannya untuk Pembelajaran Mendalam Pembelajaran sains yang efektif tidak hanya berfokus pada menghafal fakta, tetapi juga pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Salah satu keterampilan kunci yang perlu diasah adalah kemampuan merumuskan hipotesis dan mengujinya secara sistematis. Artikel ini akan...
Baca Selengkapnya