Profil Guru

Stientje Manampiring

Stientje Manampiring


,
Loyalty Badge

Guru Pertama


Artikel Inspiratif

Lev Vygotsky: Teori zona perkembangan proksimal dalam pembelajaran sosial.

Lev Vygotsky: Teori Zona Perkembangan Proksimal dalam Pembelajaran Sosial Pada awal abad ke-20, di tengah gejolak revolusi intelektual dan sosial di Rusia, seorang psikolog muda bernama Lev Semyonovich Vygotsky (1896-1934) muncul dengan gagasan-gagasan revolusioner yang akan mengubah lanskap psikologi perkembangan dan pedagogi. Meskipun hidupnya singkat, kontribusinya yang paling monumental, yaitu...

Baca Selengkapnya
Sistem Pendidikan Thailand: Budaya Hormat dan Tantangan Mutu Pendidikan

Sistem Pendidikan Thailand: Budaya Hormat dan Tantangan Mutu PendidikanSistem Pendidikan Thailand: Budaya Hormat dan Tantangan Mutu PendidikanThailand, negeri senyum, terkenal dengan budayanya yang kaya dan ramah. Namun, di balik senyum itu tersimpan kompleksitas sistem pendidikannya, yang diwarnai oleh tradisi hormat yang mendalam dan tantangan dalam mencapai mutu pendidikan yang setara...

Baca Selengkapnya
Filosofi “The Golden Mean” Aristoteles: Menemukan Keseimbangan dalam Segala Hal

Filosofi “The Golden Mean” Aristoteles: Menemukan Keseimbangan dalam Segala Hal Dalam riwayat pemikiran Barat, beberapa filosof memiliki pengaruh yang begitu mendalam sehingga gagasannya tetap relevan ribuan tahun kemudian. Salah satunya adalah Aristoteles, sang polimatik Yunani kuno yang karya-karyanya meliputi etika, logika, metafisika, biologi, politik, dan banyak lagi. Di antara warisan...

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa SD

Cara Mudah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa SD Dunia pendidikan terus berinovasi untuk menciptakan metode belajar yang lebih efektif, menarik, dan relevan dengan tantangan masa depan. Salah satu model pembelajaran yang semakin populer dan terbukti efektif adalah Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Meskipun seringkali...

Baca Selengkapnya
Strategi Membimbing Siswa dalam Membuat Hipotesis dan Menguji Kebenarannya untuk Pembelajaran Mendalam

Strategi Membimbing Siswa dalam Membuat Hipotesis dan Menguji Kebenarannya untuk Pembelajaran Mendalam Pembelajaran sains yang efektif tidak hanya berfokus pada menghafal fakta, tetapi juga pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Salah satu keterampilan kunci yang perlu diasah adalah kemampuan merumuskan hipotesis dan mengujinya secara sistematis. Artikel ini akan...

Baca Selengkapnya