LKPD/JOBSHEET Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Tingkat: SD/MI
Kelas: 2
Penyusun:
Ruspan Ruspan
Tanggal Dibuat: 26 Oct 2025
Tujuan Pembelajaran
1. Mendengarkan dan mengidentifikasi informasi dasar (nama, ciri-ciri, lokasi) dari percakapan atau teks aural nonsastra sederhana tentang diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. * Cakupan Materi: Informasi pribadi, anggota keluarga, deskripsi tempat (rumah, sekolah, taman). * Alokasi: (9 JP) 2. Memahami pesan atau instruksi lisan sederhana yang disampaikan oleh guru atau teman dalam konteks sehari-hari. * Cakupan Materi: Instruksi kegiatan, pesan pendek, arahan sederhana. * Alokasi: (8 JP) 3. Mendengarkan cerita pendek (teks aural sastra) dan mampu mengidentifikasi tokoh utama serta latar tempat/waktu dalam cerita. * Cakupan Materi: Tokoh, penokohan sederhana, latar tempat (hutan, desa), latar waktu (pagi, sore). * Alokasi: (9 JP) 4. Memahami urutan kejadian atau peristiwa sederhana yang terjadi dalam teks aural sastra maupun nonsastra. * Cakupan Materi: Kronologi cerita, langkah-langkah prosedur sederhana. * Alokasi: (9 JP) 5. Mengidentifikasi ide pokok atau topik utama dari percakapan atau informasi lisan sederhana yang didengar. * Cakupan Materi: Topik pembahasan dalam percakapan, inti pengumuman. * Alokasi: (8 JP) 6. Memahami informasi detail dari teks aural nonsastra yang lebih kompleks (misalnya, deskripsi benda, hewan, atau kegiatan). * Cakupan Materi: Ciri-ciri khusus, fungsi, tujuan. * Alokasi: (9 JP) 7. Menyimpulkan pesan moral atau amanat dari teks aural sastra yang didengar. * Cakupan Materi: Nilai-nilai karakter, pelajaran hidup dari fabel atau dongeng. * Alokasi: (10 JP) 8. Memberikan tanggapan sederhana (misalnya, setuju/tidak setuju, suka/tidak suka) dan apresiasi terhadap informasi yang didengar atau isi cerita. * Cakupan Materi: Pendapat pribadi, ekspresi empati, umpan balik sederhana. * Alokasi: (10 JP)
Langkah-langkah Kegiatan
1. Mendengarkan dan mengidentifikasi informasi dasar (nama, ciri-ciri, lokasi) dari percakapan atau teks aural nonsastra sederhana tentang diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. * Cakupan Materi: Informasi pribadi, anggota keluarga, deskripsi tempat (rumah, sekolah, taman). * Alokasi: (9 JP) 2. Memahami pesan atau instruksi lisan sederhana yang disampaikan oleh guru atau teman dalam konteks sehari-hari. * Cakupan Materi: Instruksi kegiatan, pesan pendek, arahan sederhana. * Alokasi: (8 JP) 3. Mendengarkan cerita pendek (teks aural sastra) dan mampu mengidentifikasi tokoh utama serta latar tempat/waktu dalam cerita. * Cakupan Materi: Tokoh, penokohan sederhana, latar tempat (hutan, desa), latar waktu (pagi, sore). * Alokasi:...
Silahkan login untuk membaca LKPD/JOBSHEET BAHASA INDONESIA Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id