LKPD/JOBSHEET Pemahaman Pecahan Sederhana: Setengah dan Seperempat

Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Tingkat: SD/MI

Kelas: 2

Penyusun: Ruspan Ruspan Ruspan Ruspan

Tanggal Dibuat: 01 Nov 2025


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 100. * Cakupan Materi: Membaca bilangan dua angka (puluhan dan satuan) serta menuliskan simbol angka yang sesuai. (2 JP) 2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) dan membandingkan bilangan cacah sampai 100. * Cakupan Materi: Mengidentifikasi nilai tempat pada bilangan dua angka dan membandingkan dua bilangan menggunakan tanda <, >, atau =. (3 JP) 3. Peserta didik dapat mengurutkan, menyusun (komposisi), dan mengurai (dekomposisi) bilangan cacah sampai 100. * Cakupan Materi: Mengurutkan kelompok bilangan dari terkecil/terbesar, menyusun bilangan dari nilai tempatnya, dan mengurai bilangan menjadi nilai tempatnya. (3 JP) 4. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 20 menggunakan benda konkret. * Cakupan Materi: Konsep penjumlahan, penggunaan benda konkret untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan hasil maksimal 20. (4 JP) 5. Peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan benda konkret. * Cakupan Materi: Konsep pengurangan, penggunaan benda konkret untuk menyelesaikan soal pengurangan dengan angka maksimal 20. (4 JP) 6. Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman pecahan setengah dan seperempat sebagai bagian dari keseluruhan. * Cakupan Materi: Mengenal pecahan 1/2 dan 1/4 melalui pembagian benda atau kumpulan benda secara adil dan mengidentifikasi bagian pecahan tersebut. (2 JP)

Langkah-langkah Kegiatan

1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 100. * Cakupan Materi: Membaca bilangan dua angka (puluhan dan satuan) serta menuliskan simbol angka yang sesuai. (2 JP) 2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) dan membandingkan bilangan cacah sampai 100. * Cakupan Materi: Mengidentifikasi nilai tempat pada bilangan dua angka dan membandingkan dua bilangan menggunakan tanda , atau =. (3 JP) 3. Peserta didik dapat mengurutkan, menyusun (komposisi), dan mengurai (dekomposisi) bilangan cacah sampai 100. * Cakupan Materi: Mengurutkan kelompok bilangan dari terkecil/terbesar, menyusun bilangan dari nilai tempatnya, dan mengurai bilangan menjadi nilai tempatnya. (3...

Silahkan login untuk membaca LKPD/JOBSHEET MATEMATIKA Pemahaman Pecahan Sederhana: Setengah dan Seperempat selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat