LKPD/JOBSHEET Pengenalan Berpikir Komputasional dan Dekomposisi Masalah
Mata Pelajaran : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL
Tingkat: SD/MI
Kelas: 5
Penyusun:
NURUL SAQINAH SIMATUPANG
Tanggal Dibuat: 23 Oct 2025
Tujuan Pembelajaran
1. **Menguraikan masalah sederhana:** Peserta didik mampu menguraikan permasalahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola (dekomposisi). * Cakupan materi: Identifikasi masalah dan pemecahan masalah (dekomposisi) dari skenario kehidupan sehari-hari, termasuk menganalisis input dan output yang diharapkan. * Alokasi waktu: (2 JP) 2. **Menganalisis pola dalam masalah:** Peserta didik mampu mengidentifikasi pola atau kesamaan yang berulang dalam bagian-bagian masalah yang telah diuraikan untuk menemukan solusi yang efisien. * Cakupan materi: Pencarian pola, pengenalan urutan atau elemen berulang dalam data atau langkah-langkah yang terdekomposisi. * Alokasi waktu: (2 JP) 3. **Membuat abstraksi:** Peserta didik mampu menentukan informasi penting dan mengabaikan detail yang tidak relevan untuk menyederhanakan representasi masalah (abstraksi). * Cakupan materi: Penyaringan informasi, generalisasi konsep, dan fokus pada esensi atau fitur utama dari suatu masalah untuk membuatnya lebih mudah dipecahkan. * Alokasi waktu: (2 JP) 4. **Merancang algoritma:** Peserta didik mampu merancang urutan langkah-langkah yang logis dan sistematis (algoritma) untuk memecahkan permasalahan yang telah disederhanakan. * Cakupan materi: Perancangan solusi langkah demi langkah, urutan instruksi yang jelas, terstruktur, dan berurutan untuk mencapai tujuan tertentu. * Alokasi waktu: (3 JP) 5. **Menyajikan algoritma:** Peserta didik mampu menuliskan atau merepresentasikan algoritma yang dirancang menggunakan kosakata sederhana atau simbol visual yang terstruktur. * Cakupan materi: Penulisan pseudocode sederhana, penggunaan diagram alir (flowchart) dasar, atau representasi dengan blok pemrograman visual (misalnya, Scratch atau sejenisnya) untuk menyampaikan instruksi. * Alokasi waktu: (2 JP)
Langkah-langkah Kegiatan
1. **Menguraikan masalah sederhana:** Peserta didik mampu menguraikan permasalahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola (dekomposisi). * Cakupan materi: Identifikasi masalah dan pemecahan masalah (dekomposisi) dari skenario kehidupan sehari-hari, termasuk menganalisis input dan output yang diharapkan. * Alokasi waktu: (2 JP) 2. **Menganalisis pola dalam masalah:** Peserta didik mampu mengidentifikasi pola atau kesamaan yang berulang dalam bagian-bagian masalah yang telah diuraikan untuk menemukan solusi yang efisien. * Cakupan materi: Pencarian pola, pengenalan urutan atau elemen berulang dalam data atau langkah-langkah yang terdekomposisi. * Alokasi waktu: (2 JP) 3. **Membuat abstraksi:** Peserta didik mampu menentukan...
Silahkan login untuk membaca LKPD/JOBSHEET KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL Pengenalan Berpikir Komputasional dan Dekomposisi Masalah selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id