MODUL AJAR : BAHASA INGGRIS - Mengidentifikasi Gagasan Utama dalam Percakapan Lisan Informal
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Mengidentifikasi Gagasan Utama dalam Percakapan Lisan Informal
Penyusun:
AHMAD JAJULI
Tanggal Dibuat: 30 Aug 2025
Profil Lulusan
- Kewargaan: Peserta didik mampu memahami peran dan tanggung jawabnya sebagai bagian dari masyarakat dalam berinteraksi sosial.
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi untuk mengambil kesimpulan yang tepat.
- Kreativitas: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan yang orisinal dan inovatif dalam memecahkan masalah atau menyampaikan ide.
- Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama dengan orang lain secara efektif untuk mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar serta mengambil keputusan.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, serta perasaan secara lisan dengan jelas, lancar, dan kontekstual.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Kelas yang bersih, nyaman, dan memadai untuk diskusi kelompok.
- Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan poin-poin penting dan umpan balik.
- Spidol dan Penghapus: Alat tulis untuk papan tulis.
- Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan instruksi, materi visual, dan teks jika diperlukan.
- Laptop/Komputer: Untuk memutar rekaman audio percakapan.
- Speaker: Memastikan audio terdengar jelas oleh seluruh peserta didik.
- Rekaman Audio: Beberapa contoh percakapan lisan informal pendek (misalnya, percakapan antar teman, keluarga, di kafe) dalam Bahasa Inggris.
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Berisi aktivitas mendengarkan dan kolom untuk mencatat gagasan utama.
- Alat Tulis: Pena/pensil dan buku catatan untuk peserta didik.
- Kamus (opsional): Baik cetak maupun digital, untuk membantu peserta didik memahami kosakata baru.
Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler/tipikal.
- Peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Jumlah peserta didik sekitar 30-32 orang per kelas.
- Pada umumnya, peserta didik memiliki kemampuan awal berbahasa Inggris yang bervariasi, namun sebagian besar telah memiliki dasar pemahaman kosakata dan struktur kalimat sederhana.
Model Pembelajaran
Kooperatif (Cooperative Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Inggris - Mengidentifikasi Gagasan Utama dalam Percakapan Lisan Informal selengkapnya
Login