MODUL AJAR : PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN - Gerak Dasar Non-Lokomotor dan Senam Irama Sederhana

Tingkat: SD/MI

Kelas: 2

Topik : Gerak Dasar Non-Lokomotor dan Senam Irama Sederhana

Penyusun: ALI AKBAR HIDAYATULLAH ALI AKBAR HIDAYATULLAH

Tanggal Dibuat: 01 Nov 2025


Profil Lulusan

Pembelajaran ini dirancang untuk mengembangkan dimensi Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik, yaitu:

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Melalui rasa syukur atas karunia tubuh yang sehat dan bugar, serta bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan.
  • Kewargaan: Menumbuhkan rasa kebersamaan dan sportivitas dalam aktivitas kelompok dan permainan.
  • Penalaran Kritis: Menganalisis dan memahami konsep gerak serta memecahkan masalah sederhana dalam praktik gerak.
  • Kreativitas: Mengembangkan variasi gerak dan ekspresi diri melalui senam irama dan permainan.
  • Kolaborasi: Bekerja sama dengan teman dalam aktivitas berpasangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  • Kemandirian: Memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam melakukan gerak serta menjaga kebugaran diri.
  • Kesehatan: Memahami pentingnya gerak tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani.
  • Komunikasi: Mengekspresikan ide dan perasaan melalui gerak, serta berinteraksi dengan teman dan guru.

Sarana dan Prasarana

  • Lapangan/Area Terbuka: Ruang yang cukup luas dan aman untuk bergerak.
  • Peralatan Audio: Speaker dan pemutar musik untuk mengiringi senam irama.
  • Cone/Penanda: Untuk membuat batasan area atau jalur gerak (opsional, jika diperlukan modifikasi).
  • Matras (opsional): Untuk keamanan saat melakukan gerakan tertentu jika diperlukan.
  • Peluit: Untuk memberikan instruksi dan mengatur kegiatan.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini ditargetkan untuk:

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tanpa kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang membutuhkan bimbingan lebih intensif atau modifikasi kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi dan dapat diberikan pengayaan untuk mengembangkan potensi lebih lanjut.

Jumlah peserta didik per kelas disesuaikan dengan kapasitas sekolah, umumnya 20-30 orang.

Model Pembelajaran

Kooperatif (Cooperative Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan - Gerak Dasar Non-Lokomotor dan Senam Irama Sederhana selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat