MODUL AJAR : PROJEK ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL - Pemisahan Campuran dan Aplikasinya dalam Ekonomi Kreatif

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Pemisahan Campuran dan Aplikasinya dalam Ekonomi Kreatif

Penyusun: Ani Syarofah Ani Syarofah

Tanggal Dibuat: 03 Sep 2025


Profil Lulusan

Peserta didik diharapkan memiliki dimensi profil lulusan Pancasila sebagai berikut:

  • Kreativitas: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan, karya, dan tindakan yang orisinal, serta memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Dalam konteks mata pelajaran ini, mereka diharapkan mampu mengembangkan ide-ide produk ekonomi kreatif dari zat dan perubahannya.
  • Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama dengan orang lain secara efektif untuk mencapai tujuan bersama, membangun tim yang solid, dan menunjukkan rasa saling menghargai. Ini akan terwujud dalam kerja kelompok untuk proyek pembelajaran.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium: Ruang belajar yang kondusif untuk diskusi kelompok dan presentasi. Jika ada kegiatan praktikum kecil, laboratorium IPA atau ruang praktek Agribisnis.
  • Papan Tulis/Whiteboard & Spidol: Untuk presentasi dan pencatatan ide.
  • Proyektor & Layar: Untuk menampilkan materi presentasi, video, atau sumber belajar digital.
  • Komputer/Laptop: Untuk akses internet, pengolahan data, dan pembuatan materi presentasi.
  • Akses Internet: Untuk riset, mencari informasi tambahan, dan akses ke platform pembelajaran daring.
  • Alat dan Bahan Proyek (Sesuai Kebutuhan): Bahan-bahan yang diperlukan untuk proyek pemisahan campuran, misalnya: air kotor, pasir, kerikil, arang, filter, cawan petri, corong, kertas saring, bahan-bahan limbah pertanian/industri yang bisa diolah, dll.
  • Alat Tulis: Buku catatan, pulpen, pensil.
  • Bahan Bacaan/Modul Ajar: Sebagai referensi utama dan penunjang.

Target Peserta Didik

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Mereka mampu berkolaborasi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan proyek.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang memiliki kesulitan dalam pemahaman konsep, konsentrasi, atau membutuhkan bimbingan lebih intensif. Mereka akan mendapatkan pendampingan khusus dan materi pendukung yang disesuaikan.
  • Peserta Didik dengan Capaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi dan mampu mengembangkan ide-ide inovatif secara mandiri. Mereka dapat diberikan tantangan lebih lanjut atau peran sebagai tutor sebaya dalam kelompok.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Projek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial - Pemisahan Campuran dan Aplikasinya dalam Ekonomi Kreatif selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat