MODUL AJAR : SENI RUPA - Pengenalan Industri Kreatif Seni Rupa dan Profesi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Pengenalan Industri Kreatif Seni Rupa dan Profesi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0

Penyusun: Ani Syarofah Ani Syarofah

Tanggal Dibuat: 01 Sep 2025


Profil Lulusan

Lulusan diharapkan memiliki dimensi profil Kreativitas yang kuat, mampu berpikir divergen, menghasilkan ide-ide baru, dan memecahkan masalah dengan cara yang orisinal. Mereka mampu mengembangkan produk dan strategi di bidang seni rupa yang inovatif, relevan dengan tren industri 4.0 dan masyarakat 5.0, serta memanfaatkan teknologi secara efektif.

Selain kreativitas, profil lulusan juga mencakup kemampuan:

  • Menganalisis: Mampu memahami dan mengidentifikasi peluang serta tantangan dalam ekosistem industri kreatif seni rupa, baik secara global maupun lokal.
  • Kewirausahaan (Technopreneur): Berani mengambil risiko, memiliki inisiatif tinggi, dan mampu merancang model bisnis inovatif berbasis teknologi di bidang seni rupa.
  • Integritas dan Kolaborasi: Menunjukkan sikap jujur, bertanggung jawab, dan mampu bekerja sama dalam tim, serta menghargai hak atas kekayaan intelektual (HAKI).
  • Apresiasi Lokal: Mampu mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempromosikan potensi serta kearifan lokal melalui produk seni rupa.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dan memadai untuk diskusi kelompok.
  • Perangkat Presentasi: Laptop guru, proyektor, layar proyektor atau papan tulis interaktif.
  • Papan Tulis & Alat Tulis: Whiteboard/papan tulis, spidol/kapur, penghapus.
  • Akses Internet: Jaringan Wi-Fi yang stabil untuk akses materi online dan riset siswa.
  • Gawai Peserta Didik: Smartphone atau tablet (jika memungkinkan) untuk mengakses informasi dan berdiskusi.
  • Materi Pendukung Digital: Video inspiratif, infografis, artikel berita terkait industri kreatif seni rupa.
  • Buku Teks/Referensi: Buku paket Seni Rupa SMK atau sumber bacaan relevan lainnya.
  • Lembar Kerja Peserta Didik: Dicetak atau dalam format digital.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik SMK/MAK Kelas 10, khususnya dari Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura di SMK MUTU TUNJUNGMULI.

Karakteristik peserta didik yang menjadi target:

  • Peserta didik reguler/tipikal: Umumnya memiliki motivasi belajar yang bervariasi dan memerlukan bimbingan untuk mengidentifikasi potensi diri di bidang seni rupa.
  • Literasi Digital: Tingkat pemahaman dan penggunaan teknologi digital yang beragam, sehingga perlu disiapkan materi dan kegiatan yang mengakomodasi berbagai level.
  • Latar Belakang Pengetahuan Seni Rupa: Pengetahuan awal tentang seni rupa mungkin bervariasi, dari yang sudah memiliki minat hingga yang masih awam.
  • Minat dan Gaya Belajar: Memiliki minat terhadap hal-hal baru dan inovatif, serta menyukai pembelajaran yang interaktif dan berbasis proyek.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Seni Rupa - Pengenalan Industri Kreatif Seni Rupa dan Profesi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat