MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Pengenalan Konsep Kreativitas, Brainstorming, dan Mind Mapping
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Pengenalan Konsep Kreativitas, Brainstorming, dan Mind Mapping
Penyusun:
Atik Suryanti
Tanggal Dibuat: 19 Sep 2025
Profil Lulusan
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan memiliki dimensi profil lulusan berikut:
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis permasalahan, mengevaluasi ide-ide, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang relevan.
- Kreativitas: Peserta didik memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru, inovatif, dan orisinal dalam konteks pengembangan produk atau solusi.
- Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok, berbagi ide, dan mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Peserta didik menunjukkan inisiatif, tanggung jawab, dan kemampuan untuk belajar serta mengembangkan diri secara mandiri.
- Komunikasi: Peserta didik dapat menyampaikan ide, gagasan, dan hasil kerja mereka dengan jelas dan efektif kepada berbagai audiens.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman, bersih, dan memadai untuk diskusi kelompok.
- Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menuliskan poin-poin penting, ide-ide, dan rangkuman diskusi.
- Proyektor dan Layar: Untuk menayangkan materi presentasi, video edukasi, atau contoh.
- Laptop/Komputer: Untuk guru sebagai media presentasi dan akses internet.
- Kertas Plano/Flip Chart: Untuk kegiatan brainstorming dan mind mapping kelompok.
- Alat Tulis: Spidol warna-warni, pensil, pulpen untuk peserta didik.
- Contoh-contoh Produk/Gambar Modifikasi Sepeda Motor: Sebagai stimulus atau inspirasi awal.
- Jaringan Internet: Untuk mencari referensi tambahan atau video terkait.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini ditujukan untuk peserta didik kelas XI SMK/MAK jurusan Teknik Sepeda Motor, SMKS Diponegoro Tulakan.
- Usia: Umumnya 16-17 tahun.
- Kemampuan Umum: Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dasar membaca, menulis, dan berdiskusi. Tidak diperlukan pengetahuan atau pengalaman khusus sebelumnya tentang kreativitas atau kewirausahaan, karena ini adalah pertemuan pengenalan.
- Motivasi: Peserta didik diharapkan memiliki minat dalam bidang teknik otomotif, khususnya sepeda motor, dan termotivasi untuk mengembangkan ide-ide inovatif yang relevan dengan jurusan mereka.
- Gaya Belajar: Pembelajaran ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar, termasuk visual (melalui mind mapping, presentasi), auditori (melalui diskusi kelompok), dan kinestetik (melalui praktik langsung).
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Pengenalan Konsep Kreativitas, Brainstorming, dan Mind Mapping selengkapnya
Login