MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Pengenalan Konsep Kreativitas, Brainstorming, dan Mind Mapping

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Pengenalan Konsep Kreativitas, Brainstorming, dan Mind Mapping

Penyusun: Atik Suryanti Atik Suryanti

Tanggal Dibuat: 19 Sep 2025


Profil Lulusan

  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi ide, dan mengambil keputusan yang logis dalam konteks pengembangan ide kreatif dan kewirausahaan.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan yang orisinal, mengembangkan solusi baru, dan mengaplikasikannya dalam praktik kewirausahaan.
  • Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain, berbagi ide, dan membangun sinergi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide dan informasi secara jelas, efektif, dan persuasif, baik secara lisan maupun tertulis, terutama dalam mempresentasikan gagasan produk/jasa.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman dengan meja dan kursi yang dapat diatur untuk diskusi kelompok.
  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan ide-ide selama sesi brainstorming atau mind mapping.
  • Spidol Berwarna: Beragam warna untuk mind mapping.
  • Kertas Plano/Flipchart: Ukuran besar untuk latihan brainstorming dan mind mapping kelompok.
  • Alat Tulis: Pulpen, pensil, penghapus untuk setiap peserta didik.
  • Komputer/Laptop dengan Proyektor: Untuk presentasi materi dan menayangkan video inspiratif.
  • Akses Internet: Untuk mencari referensi, contoh, atau menggunakan aplikasi digital jika diperlukan.
  • Lembar Kerja Peserta Didik: Cetakan lembar kerja untuk aktivitas individu atau kelompok.

Target Peserta Didik

  • Peserta didik reguler/tipikal.
  • Jumlah peserta didik: 32 orang.
  • Usia: 16-17 tahun (Kelas 11 SMK/MAK Jurusan Teknik Sepeda Motor).
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi dan perbaikan sepeda motor.
  • Belum memiliki pengalaman signifikan dalam mengembangkan ide kreatif atau kewirausahaan secara terstruktur.
  • Memiliki motivasi untuk belajar dan mengembangkan ide-ide baru, serta terbuka terhadap pendekatan pembelajaran aktif dan kolaboratif.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Pengenalan Konsep Kreativitas, Brainstorming, dan Mind Mapping selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat