MODUL AJAR : INFORMATIKA - Meningkatkan Akurasi Pencarian dengan Operator Boolean dan Filter Lanjutan
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Meningkatkan Akurasi Pencarian dengan Operator Boolean dan Filter Lanjutan
Penyusun:
Denny Syarifullah
Tanggal Dibuat: 12 Nov 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan memiliki integritas dan etika yang kuat dalam menggunakan teknologi digital, menyadari tanggung jawabnya sebagai pengguna informasi.
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi yang ditemukan melalui mesin pencari, membedakan antara informasi yang relevan, akurat, dan bias.
- Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan strategi pencarian yang inovatif untuk menemukan data atau informasi yang sulit diakses.
- Kolaborasi: Peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah pencarian informasi dan berbagi tips serta trik pencarian yang efektif.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki kemampuan untuk secara mandiri mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi digital untuk keperluan belajar atau pengembangan diri.
- Komunikasi: Peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil pencarian informasi secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
- Perangkat Keras:
- Komputer/Laptop dengan koneksi internet untuk setiap peserta didik.
- Proyektor dan layar untuk presentasi guru.
- Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
- Perangkat Lunak:
- Peramban web (browser) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.
- Aplikasi presentasi (opsional, untuk presentasi hasil studi kasus).
- Sumber Daya Lain:
- Ruangan kelas yang nyaman dan kondusif.
- Akses internet yang stabil dan cepat.
- Modul ajar cetak/digital (jika ada) dan lembar kerja peserta didik.
Target Peserta Didik
- Karakteristik Umum: Peserta didik kelas 10 SMK/MAK dari semua jurusan.
- Reguler/Tipikal: Mayoritas peserta didik yang tidak memiliki kesulitan belajar atau hambatan dalam mencapai capaian pembelajaran. Mereka diharapkan mampu mengikuti instruksi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
- Dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep atau memerlukan bimbingan ekstra. Guru akan memberikan perhatian khusus dan bimbingan individual.
- Dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi dan mampu menyelesaikan tugas lebih awal. Mereka akan diberikan tantangan tambahan atau tugas pengayaan untuk mendalami materi lebih lanjut.
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Informatika - Meningkatkan Akurasi Pencarian dengan Operator Boolean dan Filter Lanjutan selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id