MODUL AJAR : INFORMATIKA - Meningkatkan Akurasi Pencarian dengan Operator Boolean dan Filter Lanjutan

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Meningkatkan Akurasi Pencarian dengan Operator Boolean dan Filter Lanjutan

Penyusun: Denny Syarifullah Denny Syarifullah

Tanggal Dibuat: 12 Nov 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan memiliki integritas dan etika yang kuat dalam menggunakan teknologi digital, menyadari tanggung jawabnya sebagai pengguna informasi.
  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi yang ditemukan melalui mesin pencari, membedakan antara informasi yang relevan, akurat, dan bias.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan strategi pencarian yang inovatif untuk menemukan data atau informasi yang sulit diakses.
  • Kolaborasi: Peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah pencarian informasi dan berbagi tips serta trik pencarian yang efektif.
  • Kemandirian: Peserta didik memiliki kemampuan untuk secara mandiri mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi digital untuk keperluan belajar atau pengembangan diri.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil pencarian informasi secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Sarana dan Prasarana

  • Perangkat Keras:
    • Komputer/Laptop dengan koneksi internet untuk setiap peserta didik.
    • Proyektor dan layar untuk presentasi guru.
    • Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
  • Perangkat Lunak:
    • Peramban web (browser) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.
    • Aplikasi presentasi (opsional, untuk presentasi hasil studi kasus).
  • Sumber Daya Lain:
    • Ruangan kelas yang nyaman dan kondusif.
    • Akses internet yang stabil dan cepat.
    • Modul ajar cetak/digital (jika ada) dan lembar kerja peserta didik.

Target Peserta Didik

  • Karakteristik Umum: Peserta didik kelas 10 SMK/MAK dari semua jurusan.
  • Reguler/Tipikal: Mayoritas peserta didik yang tidak memiliki kesulitan belajar atau hambatan dalam mencapai capaian pembelajaran. Mereka diharapkan mampu mengikuti instruksi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  • Dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep atau memerlukan bimbingan ekstra. Guru akan memberikan perhatian khusus dan bimbingan individual.
  • Dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi dan mampu menyelesaikan tugas lebih awal. Mereka akan diberikan tantangan tambahan atau tugas pengayaan untuk mendalami materi lebih lanjut.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Informatika - Meningkatkan Akurasi Pencarian dengan Operator Boolean dan Filter Lanjutan selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat