MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Pengantar Konsep Kreativitas dan Teknik Brainstorming
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11,12
Topik : Pengantar Konsep Kreativitas dan Teknik Brainstorming
Penyusun:
Elfin Permana
Tanggal Dibuat: 01 Sep 2025
Profil Lulusan
Melalui modul ajar ini, peserta didik diharapkan memiliki profil lulusan yang mencakup dimensi-dimensi sebagai berikut:
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Menunjukkan sikap bersyukur atas anugerah ide dan kemampuan kreatif yang diberikan, serta menggunakan kreativitas untuk kemaslahatan bersama.
- Kewargaan: Mengembangkan ide-ide kreatif yang berkontribusi pada solusi masalah di lingkungan sekitar dan masyarakat, serta mematuhi etika dalam berinovasi.
- Penalaran Kritis: Mampu menganalisis masalah, mengevaluasi berbagai ide, dan memilih solusi terbaik berdasarkan penalaran yang logis dan objektif.
- Kreativitas: Mampu menghasilkan ide-ide orisinal dan inovatif, serta mengembangkan gagasan yang beragam untuk memecahkan masalah atau menciptakan nilai baru.
- Kolaborasi: Bekerja sama secara efektif dalam tim untuk mengembangkan ide, berbagi gagasan, dan mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Memiliki inisiatif, mengambil tanggung jawab atas proses pembelajaran dan pengembangan ide, serta gigih dalam menghadapi tantangan kreatif.
- Komunikasi: Mampu mengutarakan ide-ide kreatif secara jelas, persuasif, dan efektif baik secara lisan maupun tulisan kepada berbagai audiens.
Sarana dan Prasarana
Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan, sarana dan prasarana berikut ini akan digunakan:
- Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman, bersih, dan memungkinkan pengaturan meja-kursi yang fleksibel untuk diskusi kelompok.
- Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan poin-poin penting, diagram, atau hasil brainstorming kelompok.
- Spidol dan Penghapus: Alat tulis standar untuk papan tulis.
- Laptop/Komputer Guru: Untuk menampilkan materi presentasi, video, atau sumber daya digital lainnya.
- Proyektor/Infocus: Untuk memproyeksikan materi pembelajaran ke layar atau dinding.
- Layar Proyektor: Sebagai media tampilan materi.
- Alat Tulis Peserta Didik: Buku catatan, pulpen, pensil warna (opsional untuk mind mapping di pertemuan selanjutnya).
- Kertas Plano/Flipchart: Untuk kegiatan brainstorming kelompok dan menempelkan hasil ide.
- Sticky Notes/Post-it: Sangat berguna untuk teknik brainstorming.
- Stopwatch/Timer: Untuk mengatur waktu setiap sesi kegiatan pembelajaran.
- Akses Internet: Untuk mencari informasi tambahan atau inspirasi (jika diperlukan untuk sesi diskusi).
- Speaker: Jika ada materi audio/video yang perlu diperdengarkan.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik SMK/MAK Kelas 11 dan 12 Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI), dengan karakteristik sebagai berikut:
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik dengan pemahaman umum dan kemampuan belajar sesuai standar kurikulum. Mereka memiliki motivasi intrinsik untuk belajar dan mencari tantangan.
- Peserta Didik dengan Hambatan Belajar: Peserta didik yang mungkin memiliki kesulitan dalam memahami konsep tertentu atau membutuhkan pendekatan belajar yang lebih bervariasi. Guru akan memberikan dukungan dan scaffolding tambahan melalui bimbingan individual atau kelompok kecil.
- Peserta Didik dengan Capaian Tinggi: Peserta didik yang memiliki kecepatan belajar di atas rata-rata dan mampu menguasai materi lebih cepat. Mereka akan diberikan kesempatan untuk eksplorasi lebih mendalam melalui studi kasus lanjutan atau proyek mini yang menantang.
- Gaya Belajar: Peserta didik dengan beragam gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) akan diakomodasi melalui kombinasi metode pengajaran, termasuk presentasi visual, diskusi lisan, dan aktivitas praktik langsung (hands-on).
- Usia: Umumnya berusia 16-18 tahun, yang berada pada tahap perkembangan remaja akhir, di mana kemampuan berpikir abstrak dan penalaran kritis mulai berkembang pesat.
- Kebutuhan Khusus: Jika terdapat peserta didik dengan kebutuhan khusus, pembelajaran akan diadaptasi sesuai dengan rekomendasi dari tim pendukung sekolah dan disesuaikan dengan kurikulum inklusif.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Pengantar Konsep Kreativitas dan Teknik Brainstorming selengkapnya
Login