MODUL AJAR : AGRIBISNIS PERIKANAN AIR TAWAR - Identifikasi dan Persiapan Lokasi Wadah Pembenihan Ikan Air Tawar
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Identifikasi dan Persiapan Lokasi Wadah Pembenihan Ikan Air Tawar
Penyusun:
Endah Prihatini Isnawati
Tanggal Dibuat: 17 Nov 2025
Profil Lulusan
Melalui pembelajaran modul ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan dimensi Profil Pelajar Pancasila berikut:
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi fakta, dan membuat keputusan yang tepat dalam identifikasi serta persiapan wadah pembenihan.
- Kreativitas: Peserta didik dapat mengembangkan ide-ide inovatif dalam mendesain atau memodifikasi wadah pembenihan yang efektif dan efisien.
- Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan proyek, berbagi pengetahuan, dan mencapai tujuan bersama dalam persiapan wadah.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam merencanakan serta melaksanakan tugas-tugas proyek secara mandiri.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, hasil analisis, dan presentasi proyek secara jelas dan efektif kepada kelompok atau audiens.
Sarana dan Prasarana
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif dan berbasis proyek ini, sarana dan prasarana yang diperlukan meliputi:
- Alat Tulis: Pensil, pulpen, penghapus, penggaris.
- Buku Teks/Modul Ajar: Modul ajar Agribisnis Perikanan Air Tawar Kelas 11, buku-buku referensi terkait pembenihan ikan air tawar.
- Media Visual: Papan tulis/whiteboard, spidol, penghapus papan tulis.
- Teknologi Informasi: Laptop, proyektor, jaringan internet untuk akses sumber belajar daring.
- Materi Praktikum/Demonstrasi:
- Contoh miniatur atau gambar berbagai jenis wadah pembenihan (bak fiber, kolam terpal, akuarium, kolam beton).
- Alat ukur (meteran, timbangan sederhana).
- Alat kebersihan (sikat, ember, selang air).
- Bahan sanitasi (larutan klorin, kapur, kalium permanganat, sarung tangan pelindung, masker) (digunakan dengan pengawasan ketat dan sesuai prosedur keamanan).
- Peralatan K3 (APD) seperti sarung tangan dan masker.
- Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman dan memadai untuk diskusi kelompok dan presentasi.
- Laboratorium Perikanan/Teaching Factory: Area praktik yang memungkinkan simulasi atau demonstrasi persiapan wadah pembenihan (jika tersedia fasilitas berupa bak kosong atau kolam terpal).
- Akses Sumber Air: Sumber air bersih yang memadai untuk praktik pembersihan dan pengisian wadah.
- Toilet/Kamar Mandi: Fasilitas sanitasi yang bersih dan layak.
- Area Luas/Lapang: Jika memungkinkan, area terbuka untuk melihat langsung atau merencanakan tata letak wadah.
Target Peserta Didik
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Mereka mampu mengikuti alur pembelajaran dengan baik dan aktif berpartisipasi dalam diskusi maupun kegiatan praktik.
- Peserta Didik dengan Gaya Belajar Beragam: Modul ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) melalui kombinasi presentasi visual, diskusi, dan kegiatan praktik langsung.
- Jumlah Peserta Didik: Modul ini ideal untuk diterapkan pada kelas dengan jumlah peserta didik antara 20-36 orang, yang akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mendukung pembelajaran kolaboratif berbasis proyek.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Agribisnis Perikanan Air Tawar - Identifikasi dan Persiapan Lokasi Wadah Pembenihan Ikan Air Tawar selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id