MODUL AJAR : AGRIBISNIS PERIKANAN AIR TAWAR - Penerapan Pembenihan Komoditas Perikanan Air Tawar
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Penerapan Pembenihan Komoditas Perikanan Air Tawar
Penyusun:
Endah Prihatini Isnawati
Tanggal Dibuat: 17 Nov 2025
Profil Lulusan
Melalui proses pembelajaran Agribisnis Perikanan Air Tawar, peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan merumuskan solusi terhadap masalah dalam proses pembenihan ikan air tawar, termasuk pengambilan keputusan terkait pemilihan metode dan teknologi.
- Kreativitas: Peserta didik dapat mengembangkan ide-ide inovatif untuk mengatasi tantangan dalam pembenihan, merancang strategi pemeliharaan yang efektif, dan menemukan cara baru dalam pemanfaatan teknologi.
- Kolaborasi: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk merencanakan dan melaksanakan proyek pembenihan, saling berbagi pengetahuan, serta mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar, mampu mengatur diri, serta menyelesaikan tugas-tugas pembenihan secara mandiri dengan bimbingan.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, informasi, dan hasil kerja secara lisan maupun tertulis dengan jelas dan efektif kepada rekan kerja, guru, atau pihak lain yang relevan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman dengan fasilitas meja, kursi, papan tulis interaktif (smartboard) atau proyektor.
- Laboratorium Budidaya Perikanan/Teaching Factory: Kolam/bak pembenihan (semen, terpal, fiberglass), bak penampungan air, instalasi aerasi, peralatan sirkulasi dan filtrasi air, sistem resirkulasi akuakultur (RAS) sederhana.
- Alat Pengukuran Kualitas Air: DO meter, pH meter, termometer, test kit amonia dan nitrit, secchi disk.
- Peralatan Pembenihan: Saringan telur, håpper, kakaban, hapa, seser halus, alat suntik hormon, mikroskop sederhana, timbangan digital, penggaris/meteran.
- Pakan: Pakan induk, pakan larva (pakan alami seperti artemia, daphnia, cacing sutra; pakan buatan).
- Bahan Habis Pakai: Benih ikan/induk (sesuai komoditas), bahan kimia untuk sterilisasi (misal: kalium permanganat), obat-obatan dan vitamin ikan, desinfektan.
- Media Pembelajaran: Komputer/laptop, proyektor, tayangan slide (PowerPoint/Canva), video pembelajaran, e-book, jurnal ilmiah, poster, contoh spesimen (jika memungkinkan).
- Jaringan Internet: Akses internet stabil untuk mencari informasi, riset, dan penggunaan aplikasi digital.
Target Peserta Didik
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik umum yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar, serta memiliki kemampuan awal yang memadai dalam keterampilan dasar budidaya perikanan.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang menunjukkan kesulitan dalam memahami konsep-konsep tertentu, membutuhkan bimbingan ekstra, atau memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih visual dan praktikal.
- Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang mampu menyerap materi dengan cepat, memiliki inisiatif tinggi, dan siap untuk mendalami materi atau mengerjakan proyek-proyek yang lebih kompleks dan menantang.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Agribisnis Perikanan Air Tawar - Penerapan Pembenihan Komoditas Perikanan Air Tawar selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id