MODUL AJAR : AGRIBISNIS PERIKANAN AIR TAWAR - Penerapan Pembenihan Komoditas Perikanan Air Tawar

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Penerapan Pembenihan Komoditas Perikanan Air Tawar

Penyusun: Endah Prihatini Isnawati Endah Prihatini Isnawati

Tanggal Dibuat: 17 Nov 2025


Profil Lulusan

Melalui proses pembelajaran Agribisnis Perikanan Air Tawar, peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:

  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan merumuskan solusi terhadap masalah dalam proses pembenihan ikan air tawar, termasuk pengambilan keputusan terkait pemilihan metode dan teknologi.
  • Kreativitas: Peserta didik dapat mengembangkan ide-ide inovatif untuk mengatasi tantangan dalam pembenihan, merancang strategi pemeliharaan yang efektif, dan menemukan cara baru dalam pemanfaatan teknologi.
  • Kolaborasi: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk merencanakan dan melaksanakan proyek pembenihan, saling berbagi pengetahuan, serta mencapai tujuan bersama.
  • Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar, mampu mengatur diri, serta menyelesaikan tugas-tugas pembenihan secara mandiri dengan bimbingan.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, informasi, dan hasil kerja secara lisan maupun tertulis dengan jelas dan efektif kepada rekan kerja, guru, atau pihak lain yang relevan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman dengan fasilitas meja, kursi, papan tulis interaktif (smartboard) atau proyektor.
  • Laboratorium Budidaya Perikanan/Teaching Factory: Kolam/bak pembenihan (semen, terpal, fiberglass), bak penampungan air, instalasi aerasi, peralatan sirkulasi dan filtrasi air, sistem resirkulasi akuakultur (RAS) sederhana.
  • Alat Pengukuran Kualitas Air: DO meter, pH meter, termometer, test kit amonia dan nitrit, secchi disk.
  • Peralatan Pembenihan: Saringan telur, håpper, kakaban, hapa, seser halus, alat suntik hormon, mikroskop sederhana, timbangan digital, penggaris/meteran.
  • Pakan: Pakan induk, pakan larva (pakan alami seperti artemia, daphnia, cacing sutra; pakan buatan).
  • Bahan Habis Pakai: Benih ikan/induk (sesuai komoditas), bahan kimia untuk sterilisasi (misal: kalium permanganat), obat-obatan dan vitamin ikan, desinfektan.
  • Media Pembelajaran: Komputer/laptop, proyektor, tayangan slide (PowerPoint/Canva), video pembelajaran, e-book, jurnal ilmiah, poster, contoh spesimen (jika memungkinkan).
  • Jaringan Internet: Akses internet stabil untuk mencari informasi, riset, dan penggunaan aplikasi digital.

Target Peserta Didik

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik umum yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar, serta memiliki kemampuan awal yang memadai dalam keterampilan dasar budidaya perikanan.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang menunjukkan kesulitan dalam memahami konsep-konsep tertentu, membutuhkan bimbingan ekstra, atau memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih visual dan praktikal.
  • Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang mampu menyerap materi dengan cepat, memiliki inisiatif tinggi, dan siap untuk mendalami materi atau mengerjakan proyek-proyek yang lebih kompleks dan menantang.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Agribisnis Perikanan Air Tawar - Penerapan Pembenihan Komoditas Perikanan Air Tawar selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id