MODUL AJAR : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI KRISTEN - Bersyukur Untuk Mataku

Tingkat: SD/MI

Kelas: 1

Topik : Bersyukur Untuk Mataku

Penyusun: Erniwati Zebua, S.Pd Erniwati Zebua, S.Pd

Tanggal Dibuat: 20 Nov 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik mampu menunjukkan rasa syukur dan penghormatan terhadap Allah sebagai Pencipta segala sesuatu, serta mengimani kebesaran-Nya.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu mengekspresikan pemahaman tentang ciptaan Allah melalui berbagai cara, seperti menggambar, bercerita, atau bernyanyi.
  • Kemandirian: Peserta didik mampu mengidentifikasi ciptaan Allah di sekitarnya secara mandiri dan berani mengungkapkan pendapatnya.
  • Kesehatan: Peserta didik memahami bahwa tubuh yang sehat adalah karunia Allah dan penting untuk menjaga ciptaan-Nya, termasuk diri sendiri.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Lingkungan kelas yang bersih, nyaman, dan aman untuk proses belajar mengajar.
  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menulis poin-poin penting dan menggambar bersama.
  • Spidol/Kapur: Alat tulis untuk guru.
  • Gambar-gambar/Kartu Bergambar: Ilustrasi berbagai jenis tumbuhan (bunga, pohon, buah), hewan (kucing, burung, ikan), dan manusia (laki-laki, perempuan, anak-anak, dewasa). Dapat berupa poster atau flashcard.
  • Alat Tulis Peserta Didik: Buku gambar, pensil warna/krayon, pensil, penghapus.
  • Buku Panduan Guru dan Buku Peserta Didik: Sebagai referensi utama materi.
  • Proyektor dan Layar (Opsional): Untuk menampilkan video singkat atau gambar digital tentang keindahan ciptaan Allah.
  • Laptop/Komputer dan Speaker (Opsional): Untuk memutar lagu rohani anak-anak bertema ciptaan atau suara-suara hewan.
  • Lingkungan Sekitar Sekolah: Pemanfaatan taman atau area hijau di sekolah untuk observasi langsung (jika memungkinkan dan relevan).

Target Peserta Didik

Modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 1 SD/MI yang berusia sekitar 6-7 tahun. Mereka merupakan peserta didik reguler tanpa kesulitan belajar yang signifikan. Peserta didik pada tahap ini umumnya memiliki karakteristik:

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan senang bereksplorasi.
  • Belajar paling efektif melalui pengalaman konkret, visual, dan kinestetik.
  • Rentang perhatian yang relatif singkat, sehingga memerlukan variasi kegiatan.
  • Mulai mengembangkan kemampuan motorik halus (menulis, menggambar) dan motorik kasar (bergerak).
  • Senang berinteraksi dan belajar dalam kelompok kecil.
  • Membutuhkan bimbingan yang jelas dan dukungan positif dari guru.

Model Pembelajaran

Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kristen - Bersyukur Untuk Mataku selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat