MODUL AJAR : TEKNIK SEPEDA MOTOR - Prosedur Pemeriksaan dan Pengecekan Kinerja Sistem Rem Sepeda Motor

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Prosedur Pemeriksaan dan Pengecekan Kinerja Sistem Rem Sepeda Motor

Penyusun: Default Avatar FATKHUL AZIZ

Tanggal Dibuat: 26 Sep 2025


Profil Lulusan

  • Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan menginternalisasi nilai-nilai keimanan, ketaatan, dan akhlak mulia dalam setiap tindakan, termasuk saat melakukan perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor dengan mengutamakan keselamatan dan tanggung jawab.
  • Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai perbedaan dan berkontribusi dalam menjaga keharmonisan, serta terbuka terhadap pengetahuan dan praktik perawatan sepeda motor dari berbagai sumber.
  • Bergotong Royong/Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dalam tim untuk menyelesaikan masalah dan proyek perawatan sasis sepeda motor, berbagi ide, dan saling membantu.
  • Mandiri: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam merencanakan serta melaksanakan perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor secara mandiri, didasari rasa percaya diri dan kontrol diri.
  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah pada sasis sepeda motor, mengevaluasi solusi, dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan fakta dan prinsip teknik.
  • Kreatif: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru dan inovatif dalam memecahkan masalah perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor, serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
  • Kesehatan: Mengaplikasikan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam setiap kegiatan praktik.
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan informasi teknis secara jelas dan efektif, baik lisan maupun tulisan, kepada sesama rekan kerja atau pelanggan.
  • Kewargaan: Bertindak sebagai warga negara yang bertanggung jawab, memahami regulasi terkait kendaraan bermotor, dan peduli terhadap dampak lingkungan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman dan memadai untuk diskusi kelompok, presentasi, dan akses ke sumber digital.
  • Laboratorium/Bengkel Sepeda Motor: Area kerja yang bersih dan aman untuk praktik, dilengkapi dengan penerangan yang cukup.
  • Unit Sepeda Motor: Minimal 2-3 unit sepeda motor berbagai tipe sebagai objek praktik pemeriksaan dan perawatan sistem rem.
  • Peralatan Kerja:
    • Kunci pas, kunci ring, kunci T, obeng set.
    • Kunci L set, tang, palu.
    • Baki atau wadah penampung cairan.
    • Lap bersih.
    • Ganjal/standar sepeda motor.
    • Alat ukur (jangka sorong, feeler gauge jika diperlukan).
    • Alat khusus untuk sistem rem (jika ada).
  • Bahan Habis Pakai:
    • Minyak rem baru (sesuai spesifikasi).
    • Kampas rem cadangan (untuk identifikasi).
    • Cairan pembersih rem (jika diperlukan).
  • Alat Pelindung Diri (APD):
    • Sarung tangan kerja.
    • Kacamata pengaman.
    • Wearpack/pakaian kerja.
  • Media Pembelajaran:
    • Proyektor dan layar/whiteboard.
    • Komputer/laptop dengan akses internet.
    • Buku panduan manual perbaikan sepeda motor (service manual) sesuai merek/tipe.
    • Video tutorial prosedur pemeriksaan sistem rem.
    • Modul ajar/materi cetak.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai karakteristik peserta didik di SMK/MAK Kelas 11 Jurusan Teknik Sepeda Motor:

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Mayoritas peserta didik yang memiliki kemampuan belajar umum dan tidak memerlukan intervensi khusus. Mereka akan mengikuti alur pembelajaran sesuai dengan rencana kegiatan.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin memerlukan dukungan tambahan, penjelasan berulang, atau metode pembelajaran yang lebih visual dan praktikal. Pendekatan individual atau bimbingan khusus akan diberikan.
  • Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi dan memiliki motivasi tinggi. Mereka akan diberikan tantangan berupa tugas pengayaan, proyek mandiri, atau kesempatan untuk membantu teman sejawat dalam diskusi kelompok.

Jumlah peserta didik per kelas disesuaikan dengan standar kelas SMK/MAK.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Teknik Sepeda Motor - Prosedur Pemeriksaan dan Pengecekan Kinerja Sistem Rem Sepeda Motor selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat