MODUL AJAR : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) - Penerapan Strategi Gerak, Fair Play, dan Kolaborasi dalam Aktivitas Jasmani

Tingkat: SMP/MTs

Kelas: 9

Topik : Penerapan Strategi Gerak, Fair Play, dan Kolaborasi dalam Aktivitas Jasmani

Penyusun: HOTLIDER H. SIMAMORA HOTLIDER H. SIMAMORA

Tanggal Dibuat: 08 Aug 2025


Profil Lulusan

Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam modul ajar ini meliputi:

  • Penalaran Kritis: Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi serta argumen terkait strategi gerak, fair play, dan kolaborasi dalam aktivitas jasmani. Mereka juga diharapkan mampu merumuskan kesimpulan berdasarkan penalaran yang logis.
  • Kemandirian: Peserta didik didorong untuk memiliki inisiatif dan tanggung jawab pribadi dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, baik secara individual maupun dalam kelompok. Mereka juga belajar untuk mengatur diri dalam proses pembelajaran dan latihan fisik.
  • Komunikasi: Peserta didik akan mengembangkan kemampuan menyampaikan ide, bernegosiasi, dan bekerja sama secara efektif dengan orang lain. Ini meliputi komunikasi verbal dan non-verbal saat berinteraksi dalam aktivitas kelompok, memberikan umpan balik, dan mempresentasikan hasil pemikiran mereka.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan meliputi:

  • Lapangan olahraga (misalnya, lapangan basket, voli, atau bulutangkis) atau area terbuka yang memadai.
  • Peralatan olahraga sesuai kebutuhan (bola, net, kun/marker, peluit).
  • Papan tulis/flipchart dan spidol untuk diskusi kelompok.
  • Proyektor (opsional) untuk presentasi materi atau video.
  • Lembar kerja peserta didik.
  • Alat tulis.
  • Stopwatch/timer.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas IX SMP/MTs dengan karakteristik umum. Peserta didik diasumsikan memiliki pengalaman dasar dalam berbagai aktivitas jasmani dan olahraga. Modul ini mengakomodasi keragaman belajar, termasuk peserta didik reguler, peserta didik dengan kesulitan belajar, dan peserta didik dengan pencapaian tinggi, melalui diferensiasi proses dan produk.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (pjok) - Penerapan Strategi Gerak, Fair Play, dan Kolaborasi dalam Aktivitas Jasmani selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat