MODUL AJAR : TEKNIK PEMESINAN - Sistem Koordinat dan Prinsip Kerja Mesin NC/CNC

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11,12

Topik : Sistem Koordinat dan Prinsip Kerja Mesin NC/CNC

Penyusun: Kartika Lesmana, S.Pd, M.KKK Kartika Lesmana, S.Pd, M.KKK

Tanggal Dibuat: 11 Sep 2025


Profil Lulusan

  • Penalaran Kritis: Peserta didik diharapkan mampu menganalisis permasalahan teknis pada mesin NC/CNC, mengevaluasi solusi yang relevan, dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang akurat.
  • Kreativitas: Peserta didik diharapkan mampu merancang dan mengembangkan program CNC yang inovatif untuk berbagai jenis benda kerja, serta menemukan pendekatan baru dalam proses pemesinan.
  • Kolaborasi: Peserta didik diharapkan mampu bekerja sama secara efektif dalam tim untuk menyelesaikan proyek pemesinan NC/CNC, berbagi pengetahuan, memberikan umpan balik konstruktif, dan mencapai tujuan bersama.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium: Ruangan yang kondusif untuk pembelajaran teori dan diskusi kelompok, dilengkapi dengan meja dan kursi yang dapat diatur fleksibel.
  • Papan Tulis Interaktif/Whiteboard: Untuk penjelasan materi, ilustrasi, dan diskusi.
  • Komputer/Laptop: Dilengkapi dengan perangkat lunak presentasi, video player, dan jika memungkinkan, simulator dasar NC/CNC (misalnya, Fanuc/Siemens Simulator versi edukasi) untuk visualisasi.
  • Proyektor LCD: Untuk menampilkan materi presentasi, gambar, dan video pembelajaran.
  • Jaringan Internet: Akses internet stabil untuk mencari referensi tambahan dan menampilkan konten digital.
  • Alat Tulis dan Bahan Ajar: Buku teks, modul, spidol, kertas, serta lembar kerja peserta didik.
  • Maket/Gambar/Video Mesin NC/CNC: Untuk menunjukkan secara visual komponen dan bagian-bagian mesin NC/CNC.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK/MAK) kelas 11 dan 12 Jurusan Teknik Mesin. Peserta didik diharapkan memiliki dasar pemahaman tentang konsep dasar teknik pemesinan dan matematika dasar.

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik dengan kemampuan belajar rata-rata yang membutuhkan panduan terstruktur dan kesempatan praktik.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Diberikan pendampingan intensif, penjelasan berulang, dan materi ajar dengan visualisasi yang lebih banyak.
  • Peserta Didik dengan Potensi Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa: Diberikan tantangan tambahan seperti studi kasus yang lebih kompleks, eksplorasi fitur lanjutan pada simulator, atau riset mandiri tentang inovasi mesin NC/CNC.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Teknik Pemesinan - Sistem Koordinat dan Prinsip Kerja Mesin NC/CNC selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat