MODUL AJAR : DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA - HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF 1 DAN 2

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF 1 DAN 2

Penyusun: KHAERUL HUMAM KHAERUL HUMAM

Tanggal Dibuat: 06 Oct 2025


Profil Lulusan

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Menghargai ciptaan Tuhan dalam bentuk hukum-hukum fisika yang mendasari kelistrikan dan elektronika.
  • Berkebinekaan Global: Menyadari bahwa ilmu kelistrikan bersifat universal dan dapat diaplikasikan di berbagai konteks global.
  • Bergotong Royong (Kolaborasi): Bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik dan saling membantu memahami konsep.
  • Mandiri: Mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan rangkaian listrik secara mandiri.
  • Bernalar Kritis: Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebenaran perhitungan serta prinsip kerja rangkaian listrik berdasarkan hukum Ohm dan Kirchhoff.
  • Kreatif: Mampu merancang solusi atau pendekatan baru dalam menganalisis rangkaian listrik yang kompleks.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium: Ruang kelas yang nyaman atau laboratorium elektronika yang memadai.
  • Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan menyelesaikan soal.
  • Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi, video pembelajaran, dan simulasi.
  • Komputer/Laptop: Untuk guru dan peserta didik mengakses materi digital, simulasi, dan referensi online.
  • Alat Peraga (opsional): Papan sirkuit (breadboard), resistor, power supply, multimeter, kabel jumper untuk demonstrasi singkat.
  • Software Simulasi Rangkaian (opsional): Misalnya Proteus, Tinkercad, atau Fritzing untuk visualisasi dan verifikasi perhitungan.
  • Modul Ajar/Buku Teks: Sumber belajar utama.
  • Alat Tulis: Buku catatan, pulpen/pensil untuk setiap peserta didik.

Target Peserta Didik

Peserta didik kelas 10 SMK/MAK Jurusan Teknik Mekatronika SMKN 1 Selong. Peserta didik pada fase ini umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki minat dasar terhadap bidang kelistrikan dan elektronika.
  • Memiliki kemampuan dasar dalam memahami konsep abstrak dan berpikir logis.
  • Beberapa mungkin sudah memiliki pengetahuan awal tentang listrik sederhana dari mata pelajaran sains sebelumnya, sementara yang lain mungkin belum.
  • Gaya belajar bervariasi, meliputi visual, auditori, dan kinestetik, sehingga pendekatan pembelajaran harus mengakomodasi beragam gaya ini.
  • Membutuhkan bimbingan dalam memecahkan masalah yang kompleks dan transisi dari teori ke praktik.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara individu maupun dalam kelompok.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Teknik Elektronika - HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF 1 DAN 2 selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat