MODUL AJAR : DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA - HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF 1 DAN 2
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF 1 DAN 2
Penyusun:
KHAERUL HUMAM
Tanggal Dibuat: 06 Oct 2025
Profil Lulusan
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Menghargai ciptaan Tuhan dalam bentuk hukum-hukum fisika yang mendasari kelistrikan dan elektronika.
- Berkebinekaan Global: Menyadari bahwa ilmu kelistrikan bersifat universal dan dapat diaplikasikan di berbagai konteks global.
- Bergotong Royong (Kolaborasi): Bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik dan saling membantu memahami konsep.
- Mandiri: Mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan rangkaian listrik secara mandiri.
- Bernalar Kritis: Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebenaran perhitungan serta prinsip kerja rangkaian listrik berdasarkan hukum Ohm dan Kirchhoff.
- Kreatif: Mampu merancang solusi atau pendekatan baru dalam menganalisis rangkaian listrik yang kompleks.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas/Laboratorium: Ruang kelas yang nyaman atau laboratorium elektronika yang memadai.
- Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan menyelesaikan soal.
- Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi, video pembelajaran, dan simulasi.
- Komputer/Laptop: Untuk guru dan peserta didik mengakses materi digital, simulasi, dan referensi online.
- Alat Peraga (opsional): Papan sirkuit (breadboard), resistor, power supply, multimeter, kabel jumper untuk demonstrasi singkat.
- Software Simulasi Rangkaian (opsional): Misalnya Proteus, Tinkercad, atau Fritzing untuk visualisasi dan verifikasi perhitungan.
- Modul Ajar/Buku Teks: Sumber belajar utama.
- Alat Tulis: Buku catatan, pulpen/pensil untuk setiap peserta didik.
Target Peserta Didik
Peserta didik kelas 10 SMK/MAK Jurusan Teknik Mekatronika SMKN 1 Selong. Peserta didik pada fase ini umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Memiliki minat dasar terhadap bidang kelistrikan dan elektronika.
- Memiliki kemampuan dasar dalam memahami konsep abstrak dan berpikir logis.
- Beberapa mungkin sudah memiliki pengetahuan awal tentang listrik sederhana dari mata pelajaran sains sebelumnya, sementara yang lain mungkin belum.
- Gaya belajar bervariasi, meliputi visual, auditori, dan kinestetik, sehingga pendekatan pembelajaran harus mengakomodasi beragam gaya ini.
- Membutuhkan bimbingan dalam memecahkan masalah yang kompleks dan transisi dari teori ke praktik.
- Memiliki kemampuan untuk bekerja secara individu maupun dalam kelompok.
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Teknik Elektronika - HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF 1 DAN 2 selengkapnya
Login