MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Konsep Dasar Inovasi dan Identifikasi Peluang
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11,12
Topik : Konsep Dasar Inovasi dan Identifikasi Peluang
Penyusun:
LILY SETIAWATI
Tanggal Dibuat: 16 Dec 2025
Profil Lulusan
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan merumuskan solusi inovatif berdasarkan data dan fakta.
- Kreativitas: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru, orisinal, dan relevan untuk memecahkan masalah atau menciptakan nilai.
- Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain dalam tim, berkontribusi pada tujuan bersama, dan menghargai perbedaan pandangan.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif, tanggung jawab, dan kemampuan untuk belajar serta mengembangkan diri tanpa bergantung sepenuhnya pada bimbingan.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, informasi, dan argumen secara jelas, baik lisan maupun tulisan, kepada audiens yang berbeda.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman dengan pengaturan meja dan kursi yang fleksibel untuk diskusi kelompok.
- Papan Tulis Interaktif/Whiteboard & Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan mencatat ide-ide.
- Proyektor & Laptop: Untuk presentasi materi, studi kasus, dan penayangan video inspiratif.
- Akses Internet & Komputer/Tablet: Untuk riset, mencari informasi, dan melihat contoh inovasi.
- Alat Tulis & Kertas Flipchart/Sticky Notes: Untuk brainstorming, mind mapping, dan kegiatan kolaboratif.
- Bahan Bacaan & Referensi: Buku teks, artikel ilmiah, atau majalah terkait inovasi dan kewirausahaan.
- Kamera/Smartphone: Untuk dokumentasi kegiatan dan observasi lingkungan jika diperlukan.
Target Peserta Didik
Modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 dan 12 SMK/MAK program keahlian TPFL (Teknik Pembangkit Tenaga Listrik), yang meliputi:
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik dengan kemampuan kognitif dan gaya belajar umum yang tidak memiliki kesulitan belajar atau kebutuhan khusus.
- Peserta Didik dengan Gaya Belajar Beragam: Materi dan kegiatan disesuaikan untuk mengakomodasi peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik melalui kombinasi presentasi, diskusi, studi kasus, dan aktivitas praktik.
- Peserta Didik yang Siap Berkolaborasi: Diharapkan peserta didik memiliki motivasi untuk belajar dalam kelompok dan berkontribusi aktif dalam kegiatan proyek.
- Jumlah Peserta Didik: Idealnya 20-36 peserta didik per kelas untuk optimalisasi interaksi dan bimbingan.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Konsep Dasar Inovasi dan Identifikasi Peluang selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id