MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Konsep Dasar Kreativitas dan Pola Pikir Berkembang
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Konsep Dasar Kreativitas dan Pola Pikir Berkembang
Penyusun:
M. SAEPUDIN
Tanggal Dibuat: 01 Dec 2025
Profil Lulusan
- Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik memiliki integritas spiritual dan moral dalam setiap proses kreatif dan inovatif yang dijalankan.
- Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan mengeksplorasi keberagaman budaya sebagai sumber inspirasi ide-ide baru serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dalam konteks global.
- Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis permasalahan, mengevaluasi informasi, dan mengambil keputusan yang tepat dalam pengembangan ide dan praktik kewirausahaan.
- Mandiri: Peserta didik memiliki inisiatif, bertanggung jawab, dan mampu mengelola diri dalam mencapai tujuan pembelajaran dan proyek-proyek kewirausahaan.
- Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan yang orisinal, adaptif, dan memiliki nilai tambah, serta mampu mengaplikasikannya dalam konteks nyata.
- Berkomunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, gagasan, dan hasil karyanya secara efektif baik lisan maupun tertulis kepada berbagai audiens.
Sarana dan Prasarana
Untuk mendukung proses pembelajaran modul ini, sarana dan prasarana yang dibutuhkan meliputi:
- Ruang Kelas/Bengkel Kreatif: Ruangan yang kondusif, nyaman, dan fleksibel untuk diskusi kelompok, presentasi, dan aktivitas praktik.
- Papan Tulis Interaktif/Whiteboard: Untuk memfasilitasi brainstorming, visualisasi ide, dan penjelasan konsep.
- Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi, video inspiratif, dan contoh kasus.
- Komputer/Laptop dengan Akses Internet: Digunakan untuk riset, pengumpulan informasi, pengembangan ide digital, dan pembuatan portofolio.
- Alat Tulis dan Bahan Habis Pakai: Spidol, kertas ukuran besar (flipchart), sticky notes, pensil warna/marker untuk eksplorasi ide secara manual.
- Kamera Digital/Smartphone: Untuk mendokumentasikan proses dan hasil proyek.
- Akses ke Perangkat Lunak Desain: (Opsional, tergantung kebutuhan proyek) seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Figma, atau perangkat lunak prototyping lainnya.
- Perpustakaan/Sumber Belajar Digital: Akses ke buku, jurnal, artikel, dan video tutorial terkait kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan.
- Alat Peraga/Prototyping Sederhana: Bahan-bahan daur ulang, kardus, gunting, lem, dll., untuk membuat model atau prototipe awal gagasan.
Target Peserta Didik
Modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 program keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMKS PGRI 109 Tangerang. Karakteristik umum target peserta didik meliputi:
- Peserta Didik Reguler: Sebagian besar peserta didik dalam kategori ini, memiliki motivasi belajar yang baik dan kemampuan dasar untuk mengikuti materi.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Didentifikasi memiliki kesulitan dalam pemahaman konsep abstrak atau memerlukan pendekatan visual dan praktik yang lebih intensif. Akan diberikan pendampingan dan dukungan tambahan.
- Peserta Didik dengan Potensi Keberbakatan: Didentifikasi memiliki minat dan bakat menonjol dalam bidang kreativitas, desain, atau kewirausahaan. Akan diberikan tantangan dan proyek pengayaan untuk mengembangkan potensi mereka lebih lanjut.
- Latar Belakang DKV: Memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan di bidang desain komunikasi visual, yang akan menjadi modal awal dalam mengembangkan ide-ide inovatif yang relevan dengan jurusan mereka.
- Pola Pikir Berkeinginan Tumbuh: Diharapkan memiliki atau dapat mengembangkan pola pikir yang terbuka terhadap tantangan dan pembelajaran baru.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Konsep Dasar Kreativitas dan Pola Pikir Berkembang selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id