MODUL AJAR : DASAR-DASAR TEKNIK MESIN - Proyeksi Ortografis dalam Gambar Teknik Mesin
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Proyeksi Ortografis dalam Gambar Teknik Mesin
Penyusun:
MAULANA GIRI ANGGARA
Tanggal Dibuat: 10 Sep 2025
Profil Lulusan
Melalui modul ajar ini, peserta didik diharapkan tidak hanya menguasai kompetensi teknis di bidang Teknik Pemesinan, tetapi juga mengembangkan dimensi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Lulusan SMK sebagai berikut:
- Keimanan, Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia: Mengembangkan sikap jujur dan bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan, serta bersyukur atas ilmu dan keterampilan yang diberikan.
- Berkebinekaan Global (Kewargaan): Menghargai keragaman standar teknik internasional (ISO) dan mampu beradaptasi dengan praktik terbaik global.
- Bernalar Kritis: Mampu menganalisis dan memahami instruksi pada gambar teknik, serta mengidentifikasi kesalahan atau ketidaksesuaian.
- Kreativitas: Mampu menghasilkan sketsa dan gambar proyeksi yang jelas, informatif, dan sesuai standar.
- Bergotong Royong (Kolaborasi): Mampu bekerja sama dalam diskusi dan praktik menggambar teknik, saling membantu dalam memahami konsep.
- Mandiri: Memiliki inisiatif dan kemampuan untuk belajar mandiri dalam menguasai teknik gambar, serta bertanggung jawab atas hasil pekerjaannya.
- Kesehatan: Menerapkan ergonomi dan keselamatan kerja saat menggunakan peralatan gambar manual maupun CADD.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan informasi teknis melalui gambar teknik yang jelas dan mudah dipahami.
Profil lulusan Teknik Pemesinan SMKS Muhammadiyah 1 Muntilan diharapkan memiliki kompetensi dasar dalam membaca dan membuat gambar teknik, menjadi pondasi penting untuk karier di industri manufaktur dan permesinan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas/Bengkel Gambar: Ruangan yang nyaman, cukup pencahayaan, dan dilengkapi meja gambar atau meja kerja yang memadai.
- Peralatan Gambar Manual:
- Meja gambar/papan gambar
- Pensil gambar (HB, H, 2H)
- Penghapus pensil dan alat bantu penghapus
- Mistar segitiga (45-45-90 dan 30-60-90)
- Jangka, busur derajat
- Mal lingkaran, mal kurva (jika diperlukan)
- Kertas gambar A4/A3
- Peralatan Digital (CADD):
- Komputer/laptop dengan software CADD (misal: AutoCAD, Fusion 360, SolidWorks - jika materi CADD sudah dimulai)
- Proyektor dan layar untuk presentasi
- Materi Pembelajaran:
- Modul ajar cetak/digital
- Contoh-contoh gambar teknik (fisik atau digital)
- Benda kerja nyata atau model 3D sederhana sebagai contoh objek yang akan diproyeksikan.
- Papan tulis/whiteboard dan spidol.
Target Peserta Didik
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tanpa kesulitan belajar yang signifikan. Mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin memerlukan bimbingan lebih intensif, penjelasan berulang, atau metode visual yang lebih kuat untuk memahami konsep proyeksi ortografis.
- Peserta Didik dengan Capaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi dan mampu mengerjakan tugas dengan mandiri, bahkan dapat membantu teman-temannya yang kesulitan atau diberikan tantangan lebih lanjut.
Pembelajaran akan disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai karakteristik peserta didik melalui diferensiasi proses dan produk.
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Teknik Mesin - Proyeksi Ortografis dalam Gambar Teknik Mesin selengkapnya
Login