MODUL AJAR : DASAR-DASAR PEMASARAN - Integrasi Teknologi Digital dalam Praktik Pemasaran

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: XI

Topik : Integrasi Teknologi Digital dalam Praktik Pemasaran

Penyusun: MUH. RISMAN MUH. RISMAN

Tanggal Dibuat: 04 Oct 2025


Profil Lulusan

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai etika dan tanggung jawab sosial dalam setiap praktik pemasaran digital yang dilakukan, menghargai keberagaman dan menjaga integritas dalam berinteraksi di ruang digital.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide inovatif untuk strategi pemasaran digital, menciptakan konten yang menarik, dan menemukan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan pemasaran.
  • Kolaborasi: Peserta didik dapat bekerja sama secara efektif dalam tim, berbagi ide, dan membangun sinergi untuk mencapai tujuan proyek pemasaran digital bersama.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, informasi, dan hasil analisis terkait pemasaran digital secara jelas, efektif, dan persuasif, baik secara lisan maupun tulisan, serta mampu berinteraksi dengan audiens yang beragam.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan yang nyaman dengan akses listrik dan koneksi internet yang stabil.
  • Perangkat Keras: Komputer/laptop peserta didik (disarankan membawa sendiri atau disediakan sekolah), proyektor, papan tulis/whiteboard.
  • Perangkat Lunak: Peramban web (browser), aplikasi presentasi (misalnya Microsoft PowerPoint, Google Slides), aplikasi pengolah dokumen (Microsoft Word, Google Docs), akun media sosial (jika diperlukan untuk simulasi).
  • Akses Internet: Jaringan Wi-Fi yang memadai untuk seluruh peserta didik.
  • Bahan Ajar Cetak: Modul ajar, lembar kerja, studi kasus tercetak (opsional).
  • Alat Tulis: Spidol, penghapus, buku catatan, pena.

Target Peserta Didik

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik umum yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Jumlah sekitar 70-80% dari total peserta didik.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang memiliki kesulitan dalam memahami konsep dasar pemasaran digital, memerlukan bimbingan lebih intensif, atau membutuhkan pendekatan yang lebih visual dan konkret. Jumlah sekitar 10-20%.
  • Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang mampu memahami materi dengan cepat, memiliki ketertarikan mendalam pada teknologi digital, dan siap untuk mendalami topik-topik lanjutan atau menjadi mentor bagi teman sebayanya. Jumlah sekitar 5-10%.
  • Tingkat Kompetensi Awal: Peserta didik diharapkan memiliki pemahaman dasar tentang konsep pemasaran dan familiar dengan penggunaan perangkat teknologi digital serta internet sebagai konsumen.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Pemasaran - Integrasi Teknologi Digital dalam Praktik Pemasaran selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat