MODUL AJAR : MUATAN KETERAMPILAN KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Konsep Dasar Berpikir Komputasional dan Pentingnya dalam Pemecahan Masalah
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Konsep Dasar Berpikir Komputasional dan Pentingnya dalam Pemecahan Masalah
Penyusun:
NIDA'UN NABILA
Tanggal Dibuat: 01 Nov 2025
Profil Lulusan
Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan memiliki dimensi profil lulusan Pancasila sebagai berikut:
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Menunjukkan sikap bertanggung jawab dan jujur dalam menyelesaikan tugas serta memahami pentingnya integritas dalam penggunaan teknologi.
- Kewargaan: Berkontribusi secara positif dalam kelompok untuk memecahkan masalah bersama.
- Penalaran Kritis: Mampu menganalisis masalah, mengidentifikasi inti permasalahan, dan menyusun strategi pemecahan masalah secara logis dan sistematis.
- Kreativitas: Menemukan berbagai pendekatan inovatif dan solusi orisinal untuk masalah kompleks.
- Kolaborasi: Bekerja sama secara efektif dengan anggota tim, berbagi ide, dan mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Memiliki inisiatif dan kemampuan untuk belajar mandiri serta mengatasi tantangan dalam proses pemecahan masalah.
- Kesehatan: Menjaga keseimbangan dalam penggunaan teknologi dan aktivitas belajar.
- Komunikasi: Mengungkapkan ide, strategi, dan hasil pemecahan masalah dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang kelas yang nyaman dan kondusif.
- Papan tulis/whiteboard dan spidol.
- Proyektor (infocus) dan layar proyektor.
- Laptop guru dan perangkat speaker.
- Komputer/laptop peserta didik (jika tersedia dan diperlukan untuk aktivitas lanjut).
- Akses internet stabil.
- Bahan ajar cetak atau digital (modul, artikel).
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMKS Harapan Padang Sidempuan.
- Kategori Umum: Peserta didik reguler/tipikal yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Variasi Gaya Belajar: Modul ini mengakomodasi berbagai gaya belajar, dengan kegiatan yang melibatkan visual (presentasi, contoh), auditori (diskusi, penjelasan), dan kinestetik (aktivitas kelompok, simulasi sederhana).
- Pengetahuan Awal: Diharapkan peserta didik memiliki pemahaman dasar tentang cara berpikir logis dan kemauan untuk memecahkan masalah. Tidak diperlukan pengetahuan khusus tentang koding atau kecerdasan artifisial sebelumnya untuk pertemuan ini.
Model Pembelajaran
Kooperatif (Cooperative Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Muatan Keterampilan Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Konsep Dasar Berpikir Komputasional dan Pentingnya dalam Pemecahan Masalah selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id