MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Metode Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Metode Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan
Penyusun:
Nunik Adiwarni
Tanggal Dibuat: 27 Oct 2025
Profil Lulusan
- Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan memiliki integritas dan nilai-nilai etika dalam berinovasi dan berwirausaha.
- Berkebinekaan Global: Mampu menghargai keberagaman ide dan pandangan dalam menciptakan solusi bisnis.
- Bernalar Kritis: Mampu menganalisis masalah, mengevaluasi ide, dan mengambil keputusan yang tepat.
- Kreatif: Mampu menghasilkan ide-ide baru, inovatif, dan orisinal.
- Bergotong Royong: Mampu berkolaborasi dan bekerja sama dalam tim untuk mengembangkan proyek bisnis.
- Mandiri: Memiliki inisiatif, bertanggung jawab, dan mampu mengelola diri dalam proses pembelajaran dan pengembangan ide.
- Sehat (Kesehatan Fisik dan Mental): Memiliki daya tahan dan ketahanan mental dalam menghadapi tantangan kewirausahaan.
- Berkomunikasi: Mampu menyampaikan gagasan secara efektif dan persuasif.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dengan tata letak yang fleksibel untuk diskusi kelompok.
- Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan ide-ide dan ringkasan materi.
- Spidol dan Penghapus: Pelengkap papan tulis.
- Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi dan video.
- Komputer/Laptop: Untuk pendidik dan peserta didik (jika diperlukan untuk riset atau presentasi).
- Akses Internet: Untuk mencari informasi, riset, dan mengakses platform digital.
- Alat Tulis: Buku catatan, pulpen, pensil untuk peserta didik.
- Kertas Plano/Flipchart: Untuk brainstorming dan mind mapping kelompok.
- Post-it Notes: Untuk ide-ide cepat dan kolaborasi.
- Sumber Belajar: Buku teks, artikel, jurnal, video tutorial, studi kasus relevan.
Target Peserta Didik
Peserta didik kelas 11 SMK/MAK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dengan karakteristik umum:
- Usia: Remaja (sekitar 16-17 tahun).
- Tipe Belajar: Heterogen (visual, auditori, kinestetik) dengan kecenderungan pada pembelajaran praktik dan berbasis proyek.
- Kesiapan Belajar: Beragam, mulai dari yang memiliki minat awal pada kewirausahaan hingga yang belum memiliki pemahaman mendalam tentang konsep kreativitas dan inovasi.
- Motivasi: Memiliki potensi tinggi untuk berkreasi dan berinovasi, terutama dalam konteks teknologi informasi dan komunikasi.
- Kebutuhan Khusus: Jika ada, perlu diidentifikasi dan diberikan penyesuaian pembelajaran yang sesuai.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Metode Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id