MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Metode Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Metode Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan

Penyusun: Nunik Adiwarni Nunik Adiwarni

Tanggal Dibuat: 27 Oct 2025


Profil Lulusan

  • Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan memiliki integritas dan nilai-nilai etika dalam berinovasi dan berwirausaha.
  • Berkebinekaan Global: Mampu menghargai keberagaman ide dan pandangan dalam menciptakan solusi bisnis.
  • Bernalar Kritis: Mampu menganalisis masalah, mengevaluasi ide, dan mengambil keputusan yang tepat.
  • Kreatif: Mampu menghasilkan ide-ide baru, inovatif, dan orisinal.
  • Bergotong Royong: Mampu berkolaborasi dan bekerja sama dalam tim untuk mengembangkan proyek bisnis.
  • Mandiri: Memiliki inisiatif, bertanggung jawab, dan mampu mengelola diri dalam proses pembelajaran dan pengembangan ide.
  • Sehat (Kesehatan Fisik dan Mental): Memiliki daya tahan dan ketahanan mental dalam menghadapi tantangan kewirausahaan.
  • Berkomunikasi: Mampu menyampaikan gagasan secara efektif dan persuasif.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dengan tata letak yang fleksibel untuk diskusi kelompok.
  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan ide-ide dan ringkasan materi.
  • Spidol dan Penghapus: Pelengkap papan tulis.
  • Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi dan video.
  • Komputer/Laptop: Untuk pendidik dan peserta didik (jika diperlukan untuk riset atau presentasi).
  • Akses Internet: Untuk mencari informasi, riset, dan mengakses platform digital.
  • Alat Tulis: Buku catatan, pulpen, pensil untuk peserta didik.
  • Kertas Plano/Flipchart: Untuk brainstorming dan mind mapping kelompok.
  • Post-it Notes: Untuk ide-ide cepat dan kolaborasi.
  • Sumber Belajar: Buku teks, artikel, jurnal, video tutorial, studi kasus relevan.

Target Peserta Didik

Peserta didik kelas 11 SMK/MAK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dengan karakteristik umum:

  • Usia: Remaja (sekitar 16-17 tahun).
  • Tipe Belajar: Heterogen (visual, auditori, kinestetik) dengan kecenderungan pada pembelajaran praktik dan berbasis proyek.
  • Kesiapan Belajar: Beragam, mulai dari yang memiliki minat awal pada kewirausahaan hingga yang belum memiliki pemahaman mendalam tentang konsep kreativitas dan inovasi.
  • Motivasi: Memiliki potensi tinggi untuk berkreasi dan berinovasi, terutama dalam konteks teknologi informasi dan komunikasi.
  • Kebutuhan Khusus: Jika ada, perlu diidentifikasi dan diberikan penyesuaian pembelajaran yang sesuai.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Metode Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id