MODUL AJAR : BISNIS DIGITAL - Analisis Struktur dan Bentuk Pasar dalam Bisnis Digital

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Analisis Struktur dan Bentuk Pasar dalam Bisnis Digital

Penyusun: Rahmawati Rahmawati Rahmawati Rahmawati

Tanggal Dibuat: 03 Oct 2025


Profil Lulusan

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan memiliki integritas dan nilai-nilai etika dalam berbisnis digital.
  • Bernalar Kritis: Mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan menyelesaikan masalah terkait strategi bisnis digital secara logis dan objektif.
  • Kreatif: Mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif dalam pengembangan produk, strategi pemasaran, dan solusi bisnis digital.
  • Bergotong Royong/Kolaborasi: Mampu bekerja sama dengan orang lain dalam tim untuk mencapai tujuan bersama, seperti dalam proyek pengembangan produk atau kampanye pemasaran digital.

Sarana dan Prasarana

  • Perangkat Keras: Komputer/Laptop, Smartphone, Proyektor, Papan Tulis/Whiteboard.
  • Perangkat Lunak: Aplikasi presentasi (PowerPoint/Google Slides), Aplikasi pengolah dokumen (Word/Google Docs), Aplikasi kolaborasi online (Google Meet/Zoom/Microsoft Teams), Akses internet, Browser web.
  • Materi Pendukung: Buku teks atau modul Bisnis Digital, Artikel ilmiah atau studi kasus terkait struktur pasar digital, Video pembelajaran atau tutorial, Perangkat lunak simulasi (jika ada), Contoh-contoh website e-commerce dan marketplace.
  • Ruang Pembelajaran: Ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, atau laboratorium komputer.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik reguler/tipikal kelas 11 SMK/MAK jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

  • Jumlah: 30-35 peserta didik per kelas.
  • Tingkat Keterampilan: Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dasar dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta memiliki motivasi untuk belajar tentang konsep-konsep bisnis digital.
  • Gaya Belajar: Modul ini mengakomodasi berbagai gaya belajar, termasuk visual, auditori, dan kinestetik, melalui kombinasi presentasi, diskusi, studi kasus, dan kegiatan berbasis proyek.
  • Kebutuhan Khusus: Bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus, guru akan memberikan pendampingan dan penyesuaian materi/metode sesuai dengan asesmen awal yang dilakukan.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bisnis Digital - Analisis Struktur dan Bentuk Pasar dalam Bisnis Digital selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat