MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Teknik Eksplorasi Ide untuk Gagasan Inovatif

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Teknik Eksplorasi Ide untuk Gagasan Inovatif

Penyusun: Rahmawati Rahmawati Rahmawati Rahmawati

Tanggal Dibuat: 01 Oct 2025


Profil Lulusan

Peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Berakhlak mulia dalam berinteraksi dengan sesama, mencintai lingkungan, dan bersyukur atas anugerah Tuhan.
  • Kewargaan: Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa, serta peduli terhadap lingkungan sosial.
  • Penalaran Kritis: Mampu memproses informasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan secara mandiri.
  • Kreativitas: Mampu menghasilkan gagasan orisinal, karya dan tindakan yang inovatif.
  • Kolaborasi: Mampu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
  • Kemandirian: Mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan dan informasi secara efektif.

Sarana dan Prasarana

  • Papan tulis/Whiteboard dan spidol
  • Proyektor LCD dan laptop
  • Jaringan internet dan Wi-Fi
  • Kertas flipchart, post-it notes, dan alat tulis
  • Media presentasi (misalnya: PowerPoint, Google Slides, atau Canva)
  • Ruang kelas yang fleksibel untuk diskusi kelompok
  • Buku teks atau modul ajar tentang kreativitas dan kewirausahaan
  • Akses ke sumber daya digital (artikel online, video tutorial)

Target Peserta Didik

Peserta didik yang menjadi target adalah siswa/siswi Kelas 11 SMK NEGERI 1 AJANGALE dari Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

  • Kategori Umum: Peserta didik reguler tanpa kesulitan belajar yang berarti.
  • Jumlah: Disesuaikan dengan kapasitas kelas dan kebijakan sekolah.
  • Karakteristik: Peserta didik diharapkan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar tentang kewirausahaan dan pengembangan kreativitas. Mereka memiliki minat untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan memecahkan masalah. Mereka mungkin memiliki gaya belajar yang beragam, mencakup visual, auditori, dan kinestetik, sehingga membutuhkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi.
  • Pengetahuan Awal: Peserta didik diasumsikan telah memahami konsep dasar kewirausahaan dan pentingnya inovasi dalam konteks bisnis.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Teknik Eksplorasi Ide untuk Gagasan Inovatif selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat