MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Teknik Eksplorasi Ide untuk Gagasan Inovatif
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Teknik Eksplorasi Ide untuk Gagasan Inovatif
Penyusun:
Rahmawati Rahmawati
Tanggal Dibuat: 01 Oct 2025
Profil Lulusan
Peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Berakhlak mulia dalam berinteraksi dengan sesama, mencintai lingkungan, dan bersyukur atas anugerah Tuhan.
- Kewargaan: Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa, serta peduli terhadap lingkungan sosial.
- Penalaran Kritis: Mampu memproses informasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan secara mandiri.
- Kreativitas: Mampu menghasilkan gagasan orisinal, karya dan tindakan yang inovatif.
- Kolaborasi: Mampu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan dan informasi secara efektif.
Sarana dan Prasarana
- Papan tulis/Whiteboard dan spidol
- Proyektor LCD dan laptop
- Jaringan internet dan Wi-Fi
- Kertas flipchart, post-it notes, dan alat tulis
- Media presentasi (misalnya: PowerPoint, Google Slides, atau Canva)
- Ruang kelas yang fleksibel untuk diskusi kelompok
- Buku teks atau modul ajar tentang kreativitas dan kewirausahaan
- Akses ke sumber daya digital (artikel online, video tutorial)
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target adalah siswa/siswi Kelas 11 SMK NEGERI 1 AJANGALE dari Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
- Kategori Umum: Peserta didik reguler tanpa kesulitan belajar yang berarti.
- Jumlah: Disesuaikan dengan kapasitas kelas dan kebijakan sekolah.
- Karakteristik: Peserta didik diharapkan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar tentang kewirausahaan dan pengembangan kreativitas. Mereka memiliki minat untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan memecahkan masalah. Mereka mungkin memiliki gaya belajar yang beragam, mencakup visual, auditori, dan kinestetik, sehingga membutuhkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi.
- Pengetahuan Awal: Peserta didik diasumsikan telah memahami konsep dasar kewirausahaan dan pentingnya inovasi dalam konteks bisnis.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Teknik Eksplorasi Ide untuk Gagasan Inovatif selengkapnya
Login