MODUL AJAR : BAHASA INDONESIA - Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga

Tingkat: SD/MI

Kelas: 2

Topik : Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga

Penyusun: Ruspan Ruspan Ruspan Ruspan

Tanggal Dibuat: 26 Oct 2025


Profil Lulusan

Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik dapat mensyukuri anugerah indra pendengaran dan menggunakannya dengan bijak untuk menerima informasi, serta menghargai pendapat mitra tutur.
  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, memilah, dan memahami informasi penting dari percakapan atau teks aural yang didengar.
  • Bergotong Royong (Kolaborasi): Peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi informasi dan mendiskusikan hasil temuan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman, bersih, dan cukup luas untuk kegiatan individu maupun kelompok.
  • Media Audio: Speaker atau pengeras suara untuk memutar teks aural/percakapan.
  • Proyektor: Untuk menampilkan instruksi, visual pendukung, atau lembar kerja (jika diperlukan).
  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan poin-poin penting, instruksi, atau hasil diskusi.
  • Alat Tulis: Pensil, pulpen, penghapus, buku catatan untuk peserta didik.
  • Lembar Kerja Peserta Didik: Lembar kerja yang berisi tabel atau pertanyaan untuk mencatat informasi yang didengar.
  • Teks Aural: Rekaman percakapan sederhana tentang perkenalan diri, anggota keluarga, atau deskripsi lingkungan sekitar yang relevan dengan usia peserta didik kelas 2 SD.

Target Peserta Didik

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik umum yang tidak memiliki kesulitan belajar atau hambatan dalam mencerna dan memahami informasi.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi saat menyimak, membutuhkan pengulangan, atau bimbingan lebih intensif.
  • Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang mampu menyerap informasi dengan cepat, dapat menganalisis lebih dalam, dan dapat menjadi tutor sebaya.

Secara umum, modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 2 SD/MI dengan rentang usia 7-8 tahun yang berada pada fase A pembelajaran Bahasa Indonesia.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Indonesia - Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat