MODUL AJAR : MATEMATIKA - Pemahaman Pecahan Sederhana: Setengah dan Seperempat
Tingkat: SD/MI
Kelas: 2
Topik : Pemahaman Pecahan Sederhana: Setengah dan Seperempat
Penyusun:
Ruspan Ruspan
Tanggal Dibuat: 01 Nov 2025
Profil Lulusan
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan menunjukkan sikap syukur dan bertanggung jawab dalam menggunakan pengetahuan mereka, termasuk dalam berbagi secara adil.
- Bernalar Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi tentang pecahan sederhana, serta memecahkan masalah terkait pembagian benda secara adil.
- Kreatif: Peserta didik mampu memecahkan masalah pembagian dengan cara yang berbeda dan menghasilkan ide-ide baru dalam merepresentasikan pecahan.
Sarana dan Prasarana
- Media Pembelajaran:
- Benda konkret yang mudah dibagi: buah-buahan (apel, jeruk), kue, kertas origami, clay/plastisin.
- Gambar-gambar ilustrasi pecahan (pizza, roti, koin).
- Papan tulis/Whiteboard, spidol/kapur.
- LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).
- Kartu pecahan (opsional).
- Alat dan Bahan:
- Alat tulis peserta didik (pensil, penghapus, penggaris).
- Gunting (untuk kegiatan membagi kertas).
- Proyektor/LCD (jika tersedia untuk menampilkan video atau presentasi).
- Ruang Kelas:
- Ruang kelas yang nyaman dan kondusif untuk diskusi kelompok dan eksplorasi.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 2 SD/MI dengan karakteristik sebagai berikut:
- Peserta Didik Reguler: Sebagian besar peserta didik yang tidak memiliki kesulitan belajar khusus. Mereka mampu mengikuti instruksi standar dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok maupun individu.
- Peserta Didik Dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak atau membutuhkan bantuan ekstra dalam memanipulasi benda konkret. Pembelajaran akan disesuaikan dengan memberikan pendampingan individu dan penggunaan media yang lebih sederhana.
- Peserta Didik Dengan Potensi Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa: Peserta didik yang memiliki kecepatan belajar tinggi dan mampu memahami konsep dengan cepat. Mereka akan diberikan tantangan tambahan atau kegiatan pengayaan untuk memperdalam pemahaman mereka.
- Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dasar membaca dan menulis serta pemahaman bilangan cacah sampai 100 sebelum memasuki materi pecahan.
Model Pembelajaran
Inkuiri (Inquiry-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Matematika - Pemahaman Pecahan Sederhana: Setengah dan Seperempat selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id