MODUL AJAR : ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) - Bentuk dan Fungsi Pancaindra pada Manusia
Tingkat: SD/MI
Kelas: 4
Topik : Bentuk dan Fungsi Pancaindra pada Manusia
Penyusun:
Siti Sari aisah
Tanggal Dibuat: 01 Nov 2025
Profil Lulusan
Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam modul ajar ini adalah Keimanan, Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan Akhlak Mulia. Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat mensyukuri karunia Tuhan berupa tubuh dan panca indra yang berfungsi dengan baik, serta merawatnya sebagai bentuk tanggung jawab.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman dan memadai untuk kegiatan belajar mengajar.
- Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menulis dan menjelaskan materi.
- Spidol/Alat Tulis: Sebagai alat bantu guru dan peserta didik.
- Proyektor dan Layar (opsional): Untuk menampilkan materi visual atau video.
- Laptop/Komputer: Sebagai alat bantu guru.
- Buku Teks/Buku Panduan IPAS Kelas 4: Sebagai sumber belajar utama.
- Gambar/Poster Pancaindra: Visualisasi organ pancaindra manusia.
- Benda-benda Konkret (opsional): Contoh benda untuk merangsang pancaindra (misal: bunga untuk penciuman, buah untuk pengecap, kain dengan tekstur berbeda untuk peraba).
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Untuk aktivitas mandiri atau kelompok.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik reguler/tipikal di kelas 4 SD/MI. Peserta didik diharapkan tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar, serta memiliki motivasi intrinsik untuk belajar. Jumlah peserta didik disesuaikan dengan kapasitas kelas dan kebijakan sekolah.
Model Pembelajaran
Inkuiri (Inquiry-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (ipas) - Bentuk dan Fungsi Pancaindra pada Manusia selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id