MODUL AJAR : BAHASA INDONESIA - Mengidentifikasi Informasi Penting dan Membedakan Fakta/Opini dari Teks Aural

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Mengidentifikasi Informasi Penting dan Membedakan Fakta/Opini dari Teks Aural

Penyusun: Sri Nurhayati, S.Pd Sri Nurhayati, S.Pd

Tanggal Dibuat: 02 Sep 2025


Profil Lulusan

  • Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik menghargai perbedaan, berdoa sebelum dan sesudah belajar, serta menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama.
  • Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan memahami keberagaman budaya, termasuk dalam konteks komunikasi.
  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu memproses informasi secara objektif, menganalisis, dan mengevaluasi gagasan dari berbagai sumber, khususnya teks aural.
  • Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan yang orisinal dan memberikan solusi inovatif dalam menanggapi informasi.
  • Bergotong Royong (Kolaborasi): Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Mandiri: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab terhadap proses belajarnya, serta mampu mengelola diri dalam mencapai tujuan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.
  • Perangkat Audio Visual: Proyektor, laptop/komputer dengan akses internet, speaker aktif.
  • Media Pembelajaran: Video ceramah/presentasi/berita, rekaman audio diskusi/dongeng/puisi, slide presentasi (PowerPoint/Google Slides).
  • Alat Tulis: Papan tulis, spidol, pulpen, buku catatan, kertas HVS.
  • Sumber Belajar: Buku teks Bahasa Indonesia kelas 10, modul ajar, artikel daring, bahan ajar digital.
  • Aplikasi/Platform: YouTube, platform konferensi video (jika pembelajaran hybrid/daring).

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 10 SMK/MAK Jurusan ATPH dengan karakteristik umum sebagai berikut:

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tanpa kesulitan dalam mencerna dan memahami materi.
  • Peserta Didik dengan Gaya Belajar Beragam: Materi disampaikan dengan beragam media (visual, audio, kinestetik melalui diskusi dan aktivitas).
  • Memiliki Motivasi untuk Belajar: Diharapkan memiliki minat dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berpikir kritis.
  • Telah Memiliki Pemahaman Dasar Bahasa Indonesia: Peserta didik diharapkan telah memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dasar yang cukup untuk mengikuti materi aural.
  • Sesuai dengan Fase E Capaian Pembelajaran: Peserta didik diharapkan dapat mencapai capaian pembelajaran pada fase E (kelas 10).

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Indonesia - Mengidentifikasi Informasi Penting dan Membedakan Fakta/Opini dari Teks Aural selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat