MODUL AJAR : BAHASA INDONESIA - Mengidentifikasi Informasi Penting dan Membedakan Fakta/Opini dari Teks Aural
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Mengidentifikasi Informasi Penting dan Membedakan Fakta/Opini dari Teks Aural
Penyusun:
Sri Nurhayati, S.Pd
Tanggal Dibuat: 02 Sep 2025
Profil Lulusan
- Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik menghargai perbedaan, berdoa sebelum dan sesudah belajar, serta menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama.
- Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan memahami keberagaman budaya, termasuk dalam konteks komunikasi.
- Bernalar Kritis: Peserta didik mampu memproses informasi secara objektif, menganalisis, dan mengevaluasi gagasan dari berbagai sumber, khususnya teks aural.
- Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan yang orisinal dan memberikan solusi inovatif dalam menanggapi informasi.
- Bergotong Royong (Kolaborasi): Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Mandiri: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab terhadap proses belajarnya, serta mampu mengelola diri dalam mencapai tujuan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.
- Perangkat Audio Visual: Proyektor, laptop/komputer dengan akses internet, speaker aktif.
- Media Pembelajaran: Video ceramah/presentasi/berita, rekaman audio diskusi/dongeng/puisi, slide presentasi (PowerPoint/Google Slides).
- Alat Tulis: Papan tulis, spidol, pulpen, buku catatan, kertas HVS.
- Sumber Belajar: Buku teks Bahasa Indonesia kelas 10, modul ajar, artikel daring, bahan ajar digital.
- Aplikasi/Platform: YouTube, platform konferensi video (jika pembelajaran hybrid/daring).
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 10 SMK/MAK Jurusan ATPH dengan karakteristik umum sebagai berikut:
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tanpa kesulitan dalam mencerna dan memahami materi.
- Peserta Didik dengan Gaya Belajar Beragam: Materi disampaikan dengan beragam media (visual, audio, kinestetik melalui diskusi dan aktivitas).
- Memiliki Motivasi untuk Belajar: Diharapkan memiliki minat dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berpikir kritis.
- Telah Memiliki Pemahaman Dasar Bahasa Indonesia: Peserta didik diharapkan telah memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dasar yang cukup untuk mengikuti materi aural.
- Sesuai dengan Fase E Capaian Pembelajaran: Peserta didik diharapkan dapat mencapai capaian pembelajaran pada fase E (kelas 10).
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Indonesia - Mengidentifikasi Informasi Penting dan Membedakan Fakta/Opini dari Teks Aural selengkapnya
Login