MODUL AJAR : BAHASA INDONESIA - Presentasi Isu Sosial yang Efektif dan Berdampak

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Presentasi Isu Sosial yang Efektif dan Berdampak

Penyusun: Sri Nurhayati, S.Pd Sri Nurhayati, S.Pd

Tanggal Dibuat: 02 Sep 2025


Profil Lulusan

Peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:

  • Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia: Menunjukkan sikap bertanggung jawab dan beretika dalam menyampaikan gagasan serta menerima masukan, sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia.
  • Berkebinekaan Global (Kewargaan): Menghargai dan menghayati keberagaman budaya serta memahami isu-isu sosial lokal maupun global, serta mampu menyampaikannya dengan empati.
  • Bernalar Kritis: Mampu menganalisis isu sosial, menyusun argumen yang logis, dan menjawab pertanyaan dengan tepat.
  • Kreatif: Mampu menyajikan gagasan dengan cara yang orisinal, menarik, dan memanfaatkan media presentasi secara inovatif.
  • Bergotong Royong (Kolaborasi): Mampu bekerja sama dalam proses persiapan presentasi dan berinteraksi secara konstruktif dalam sesi tanya jawab.
  • Mandiri: Memiliki inisiatif dan tanggung jawab pribadi dalam merencanakan, mengembangkan, dan menyajikan presentasi secara efektif.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman, cukup luas untuk bergerak, dan memungkinkan pengaturan tempat duduk fleksibel.
  • Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menjelaskan konsep, mencatat ide, dan melakukan brainstorming.
  • Proyektor (Infocus) dan Layar Proyektor: Untuk menampilkan materi presentasi digital, video, dan gambar.
  • Komputer/Laptop: Untuk persiapan materi, pembuatan presentasi, dan pemutaran media.
  • Pengeras Suara (Mic/Speaker): Jika diperlukan untuk latihan presentasi di hadapan audiens yang lebih besar atau untuk memastikan suara terdengar jelas.
  • Jaringan Internet (Wi-Fi): Untuk mencari informasi, mengakses sumber belajar daring, dan mengunggah/mengunduh materi.
  • Alat Tulis dan Kertas: Untuk mencatat, membuat mind map, atau menyusun kerangka presentasi.
  • Kamera/Handphone: Untuk merekam latihan presentasi sebagai bahan refleksi diri.
  • Bahan Bacaan/Referensi: Buku teks, artikel, jurnal, atau tautan situs web terkait isu sosial dan teknik presentasi.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 SMK/MAK Jurusan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura) di SMK MUTU TUNJUNGMULI pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2025-2026.

  • Karakteristik Umum: Peserta didik pada fase F, umumnya berusia 16-17 tahun, dengan kemampuan dasar berbahasa Indonesia yang cukup baik, serta memiliki minat terhadap isu-isu yang relevan dengan kehidupan sosial dan lingkungan.
  • Kesiapan Belajar: Peserta didik diharapkan memiliki motivasi untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan mempresentasikan. Beberapa mungkin sudah memiliki pengalaman dasar dalam presentasi, sementara yang lain mungkin masih membutuhkan bimbingan lebih intensif.
  • Gaya Belajar: Modul ini mengakomodasi berbagai gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) melalui kombinasi aktivitas seperti diskusi, menonton video, praktik langsung, dan pembuatan proyek.
  • Perkembangan Kognitif: Peserta didik pada tahap ini diharapkan mampu berpikir kritis, menganalisis informasi, dan menyusun argumen secara logis. Mereka juga diharapkan mampu berkolaborasi dalam kelompok dan menyelesaikan tugas secara mandiri.
  • Kebutuhan Khusus: Bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus, pendekatan diferensiasi akan diterapkan, baik dalam penyampaian materi, penugasan, maupun asesmen, sesuai dengan karakteristik dan tingkat dukungan yang dibutuhkan.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Indonesia - Presentasi Isu Sosial yang Efektif dan Berdampak selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat