MODUL AJAR : INFORMATIKA - Pengenalan Validitas Sumber Data
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Pengenalan Validitas Sumber Data
Penyusun:
Subardin, S.Kom.
Tanggal Dibuat: 01 Sep 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan memiliki pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama serta moral dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam penggunaan dan pengolahan data.
- Kewargaan: Menjadi warga negara yang bertanggung jawab, mampu memilah informasi yang benar untuk kepentingan masyarakat, dan berpartisipasi aktif dalam lingkungan digital yang sehat.
- Penalaran Kritis: Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menyintesis informasi secara objektif, terutama dalam menilai validitas sumber data.
- Kreativitas: Mampu menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan data yang kompleks.
- Kolaborasi: Mampu bekerja sama dengan orang lain dalam tim untuk mencapai tujuan bersama, berbagi ide, dan memecahkan masalah.
- Kemandirian: Mampu mengambil inisiatif, mengelola waktu dan sumber daya secara efektif, serta bertanggung jawab atas pembelajaran dan tindakan mereka.
- Kesehatan: Memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental dalam berinteraksi dengan teknologi dan informasi.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan informasi, ide, dan solusi secara jelas, efektif, dan persuasif, baik secara lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Kondusif dan nyaman untuk diskusi dan presentasi.
- Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menuliskan ide-ide dan poin-poin penting.
- Komputer/Laptop Guru: Untuk presentasi dan akses internet.
- Proyektor/Infocus: Untuk menampilkan materi presentasi atau video.
- Jaringan Internet: Akses internet yang stabil untuk mencari contoh sumber data.
- Gawai Peserta Didik (opsional/jika diizinkan): Untuk mencari informasi atau contoh secara mandiri.
- Alat Tulis: Buku catatan dan pulpen untuk peserta didik.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 10 SMK/MAK Jurusan Agribisnis Tanaman yang memiliki:
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar, mampu belajar secara mandiri maupun berkelompok.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang membutuhkan bimbingan lebih intensif, dukungan visual tambahan, atau penjelasan yang lebih sederhana.
- Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang mampu menyerap materi dengan cepat, dapat diberikan tantangan lebih lanjut atau peran sebagai tutor sebaya.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Informatika - Pengenalan Validitas Sumber Data selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id