MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Pengenalan Berpikir Komputasional dan Elemennya

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Pengenalan Berpikir Komputasional dan Elemennya

Penyusun: Subardin, S.Kom. Subardin, S.Kom.

Tanggal Dibuat: 20 Aug 2025


Profil Lulusan

Melalui pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial, peserta didik diharapkan memiliki dimensi profil lulusan sebagai berikut:

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Menghargai ciptaan Tuhan dalam bentuk kompleksitas alam yang dapat dipecahkan dengan berpikir sistematis, serta bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.
  • Kewargaan: Berkontribusi dalam memecahkan masalah masyarakat dan dunia kerja melalui pemanfaatan berpikir komputasional dan teknologi.
  • Penalaran Kritis: Mampu menganalisis masalah secara mendalam, mengevaluasi berbagai solusi, dan membuat keputusan yang logis berdasarkan data.
  • Kreativitas: Menghasilkan ide-ide inovatif dan merancang solusi baru untuk permasalahan yang kompleks.
  • Kolaborasi: Bekerja sama dengan orang lain dalam tim untuk mencapai tujuan bersama, saling berbagi ide dan pengetahuan.
  • Kemandirian: Memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar serta mengembangkan kemampuan diri dalam memecahkan masalah.
  • Kesehatan: Mengelola waktu dan aktivitas belajar dengan seimbang, menjaga kesehatan fisik dan mental dalam proses pembelajaran yang intensif.
  • Komunikasi: Menyampaikan ide, konsep, dan hasil pemecahan masalah secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman dengan pencahayaan dan ventilasi yang baik.
  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan konsep, contoh, dan alur pemikiran.
  • Spidol/Alat Tulis: Untuk memfasilitasi kegiatan di papan tulis atau lembar kerja.
  • Komputer/Laptop: Minimal 1 unit komputer atau laptop per kelompok untuk eksplorasi dan pengerjaan proyek.
  • Proyektor/Layar Interaktif: Untuk presentasi materi, demonstrasi, dan menampilkan hasil kerja peserta didik.
  • Jaringan Internet: Akses internet yang stabil untuk mencari referensi, materi tambahan, dan penggunaan platform daring.
  • Modul Ajar/Buku Teks: Sebagai panduan utama materi pembelajaran.
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Cetak atau digital untuk aktivitas mandiri atau kelompok.
  • Alat Peraga (Opsional): Misalnya, puzzle atau benda konkret untuk mendemonstrasikan konsep dekomposisi atau pola.

Target Peserta Didik

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Memiliki dasar literasi digital dan kemampuan belajar yang sesuai dengan tingkat kelas 10 SMK/MAK.
  • Peserta Didik dengan Hambatan Belajar: Peserta didik yang membutuhkan bimbingan lebih intensif atau pendekatan yang disederhanakan dalam memahami konsep abstrak. Mungkin memerlukan contoh yang lebih konkret atau pengulangan.
  • Peserta Didik dengan Capaian Tinggi: Peserta didik yang cepat menguasai materi dan mampu berpikir lebih kritis atau berinovasi. Mereka dapat diberikan tantangan tambahan atau proyek yang lebih kompleks.

Pembelajaran ini dirancang untuk mengakomodasi keberagaman karakteristik peserta didik, dengan penekanan pada aktivitas kolaboratif dan pemecahan masalah yang relevan dengan bidang keahlian Agribisnis Tanaman.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Pengenalan Berpikir Komputasional dan Elemennya selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat