MODUL AJAR : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Pengalamatan Jaringan IPv4 dan Subnetting

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Pengalamatan Jaringan IPv4 dan Subnetting

Penyusun: Sulus Ilhamti Rizqiani Sulus Ilhamti Rizqiani

Tanggal Dibuat: 08 Oct 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik menghargai ciptaan Tuhan dalam sistem teknologi informasi dan menggunakan pengetahuan untuk kemaslahatan bersama.
  • Kewargaan: Peserta didik memahami etika penggunaan jaringan dan menjaga keamanan serta privasi dalam berinteraksi di lingkungan digital.
  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis permasalahan pengalamatan jaringan, mengidentifikasi solusi, dan mengevaluasi efektivitasnya.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu merancang skema pengalamatan jaringan yang inovatif dan efisien sesuai kebutuhan spesifik.
  • Kolaborasi: Peserta didik bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan studi kasus perancangan jaringan dan pengalamatan IP.
  • Kemandirian: Peserta didik menunjukkan inisiatif dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran dan penyelesaian tugas mandiri.

Sarana dan Prasarana

  • Hardware: PC/Laptop dengan spesifikasi yang memadai, Proyektor, Papan Tulis/Whiteboard, Koneksi internet, Kabel LAN, Router/Switch (opsional untuk demo).
  • Software: Aplikasi presentasi (PowerPoint/Google Slides), Simulator jaringan (Cisco Packet Tracer/GNS3), Web browser, Kalkulator IP Subnetting (online/aplikasi).
  • Media Pembelajaran: Modul ajar, Video tutorial, E-book tentang jaringan komputer.
  • Ruangan: Ruang kelas atau Laboratorium Komputer yang nyaman dan mendukung pembelajaran interaktif.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 SMK/MAK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya yang tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi ajar dan memiliki motivasi belajar yang baik.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin memerlukan bimbingan ekstra atau metode pembelajaran yang lebih visual dan praktis. Identifikasi dilakukan melalui asesmen diagnostik awal dan observasi selama proses pembelajaran.
  • Peserta Didik dengan Capaian Tinggi (Cerdas Istimewa/Berbakat Istimewa): Peserta didik yang menunjukkan pemahaman cepat dan mendalam, akan diberikan pengayaan berupa tantangan soal yang lebih kompleks atau studi kasus tingkat lanjut.

Jumlah peserta didik per kelas disarankan maksimal 36 orang untuk memastikan interaksi optimal.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Teknik Komputer Dan Jaringan - Pengalamatan Jaringan IPv4 dan Subnetting selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat