MODUL AJAR : BAHASA INDONESIA - Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Teks Aural

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Teks Aural

Penyusun: Supriadi Supriadi Supriadi Supriadi

Tanggal Dibuat: 09 Sep 2025


Profil Lulusan

Peserta didik diharapkan memiliki dimensi profil lulusan berikut setelah menyelesaikan pembelajaran:

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Mampu bersyukur atas karunia-Nya yang diberikan dalam kemampuan menyimak dan berkomunikasi.
  • Penalaran Kritis: Mampu mengevaluasi informasi yang didengar, membedakan fakta dan opini, serta membuat kesimpulan yang logis.
  • Kreativitas: Mampu merespon informasi yang didengar dengan cara yang inovatif dan relevan.
  • Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menganalisis dan mendiskusikan informasi dari teks aural.
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan, pandangan, dan tanggapan secara lisan dengan jelas dan efektif setelah menyimak teks aural.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kondusif untuk diskusi kelompok dan presentasi.
  • Teknologi:
    • Laptop/Komputer
    • Proyektor atau Layar Interaktif
    • Pengeras Suara (Speaker) yang berfungsi baik
    • Jaringan internet (untuk mengakses materi aural online jika diperlukan)
  • Alat Tulis: Spidol, papan tulis/flipchart.
  • Materi Aural: Rekaman audio/video pidato, diskusi, atau wawancara singkat yang relevan dengan usia dan minat peserta didik, serta sesuai dengan konteks otomotif jika memungkinkan.
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Untuk mencatat hasil identifikasi informasi.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 10 SMK/MAK jurusan Teknik Otomotif dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Peserta Didik Reguler: Sebagian besar peserta didik dalam kondisi umum, tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Beberapa peserta didik mungkin memerlukan bimbingan ekstra, pengulangan materi, atau metode penyajian yang lebih visual/kinestetik untuk membantu mereka dalam menyimak dan mengidentifikasi informasi.
  • Peserta Didik dengan Tantangan Khusus: Peserta didik yang membutuhkan dukungan tambahan terkait konsentrasi, motivasi, atau gaya belajar tertentu. Penyesuaian materi dan strategi pembelajaran akan dilakukan untuk memastikan inklusivitas.

Diharapkan semua peserta didik dapat aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, terutama dalam kegiatan menyimak dan mengidentifikasi informasi penting dari teks aural.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Indonesia - Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Teks Aural selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id